Pemprov Lampung Fokus Delapan Prioritas Pembangunan

img
Gubernur M Rido Ficardo membuka Musrenbang Provinsi Lampung 2017. Foto: Hms. H-momen

Harianmomentum--Saat ini laju pertumbuhan pembangunan  di Provinsi Lampung mengalami peningkatan yang signifikan terutama pada bidang: infrastruktur, pertanian, pariwisata dan industri.

 

Hal tersebut disampaikan Gubernur  M Ridho Ficardo saat membuka musyawarah rencana  pembangunan (musrenbang)  Provinsi Lampung  di Ballroom Hotel The7, Bandalampung, Rabu (5/4).

 

Menurut Ridho, musrenbang tersebut bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2018, yang merupakan tahun ke 4 dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).



Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menyerahkan  cindera mata kepada Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono

 

"Ada delapan  prioritas pembangunan yang saat ini menjadi fokus utama: pembangunan jalan tol, pengembangan kawasan industri, perbaikan sistem penyeberangan Merak-Bakauheni, revitalisasi Bandara Raden Intan II, pembangunan bendungan, pembangunan ITERA, ketahanan energi dan pembangunan short cut Rejosari-Tarahan," papar Ridho.

 

Karena itu dia berharap melalui musrenbang dapat memperkuat sinergisitas antara pemerintah pusat, provinsi, sampai ke kabupaten/kota.

 

“Forum ini juga hendaknya dapat kita jadikan sebagai momentum  memacu semangat  untuk mencapai visi dan misi pembangunan nasional maupun daerah dengan mengembangkan sektor-sektor produktif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, " harapnya.

 

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam sambutan yang diwakilkan Dirjen Otonomi Daerah Soni Sumarsono mengatakan Provinsi Lampung memiliki peluang pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat dibanding daerah lain di Indonesia.

  

Hal tersebut, karena Lampung  terletak diantara dau  pusat pertumbuhan ekonomi nasional:  Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

 

“Pemprov Lampung harus  mengedepankan prinsip-prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, efektifitas dan efisiensi dalam pembangunan, agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat lagi, “ kata Sumarsono.



Gubernur Lampung M Ridho Ficardo bersama  para bupati dan walikota peraih penghargaan Pangripta Saburai Tahun 2017

 

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Utama Bappenas  Roni Dwi Susanto  saat membacakan sambutan Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro memaparkan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), penyusunan RKP 2018 harus mengacu pada RPJMN 2015-2019.

 

Dia melanjutkan, undang-undang tersebut merupakan penjababaran visi dan misi Presiden terpilih 2015-2019,”Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong."

 

Musrenbang kemudian ditutup dengan penyerahan Penghargaan Pangripta Saburai tahun 2017 atas perencanaan terbaik pembangunan. Untuk kategori kabupaten diberikan kepada Kabupaten Lampung Selatan, Tanggamus dan Lampung Timur. Sedangkan untuk kategori kota diberikan kepada Kota Metro. (Adv)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos