Pemprov Canangkan Kantin Sehat di Sekolah

img
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Heri Suliyanto membuka pencanangan kantin sekolah sehat. Foto: Hms. H-momen

Harianmomentum— Pemenuhan nutrisi dan keamanan pangan anak sangat penting untuk diperhatikan. Agar tercipta sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Atas dasar itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menganggap perlu dibentuk kantin sehat di setiap sekolah agar keamanan pangan anak didik terjaga.

Hal itu dikatakan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo saat pencanangan gerakan konsumsi pangan aman melalui kantin sehat yang diselenggarakan di GSG Ernawan, Pahoman, Bandarlampung Rabu (05/04/17).

Acara itu diikuti 500 Kepala Sekolah baik SD, SMP dan SMA se Provinsi Lampung.

Dengan mengusung tema “Ayo Jaga Obat dan Pangan Aman”, gerakan konsumsi pangan aman melalui Kantin Sekolah merupakan program yang melibatkan Pemerintah, dan  Badan POM dalam Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang diprakarsai oleh Presiden.

Dalam sambutan tertulis Gubernur yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Suliyanto, menyampaikan bahwa pelaksanaan gerakan terkait pangan jajanan anak sekolah ini diselenggarakan di 10 Provinsi dengan target 5.000 sekolah.

Intervensi keamanan pangan di sekolah tidak hanya pada level SD, tetapi juga meliputi SLTP dan SLTA.

Besarnya jumlah target intervensi dari gerakan ini tentu memerlukan tenaga yang cukup banyak.

Oleh karena itu peran fasilitator keamanan pangan sekolah dirasa sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan di daerah. 

 “Gubernur berharap pertemuan ini dapat menjadi moment penting sebagai kick off meeting dalam perbaikan keamanan pangan di daerah, khususnya pengawasan keamanan pangan jajanan anak sekolah di Lampung,” ujarnya.

Ketua pelaksana kegiatan, Setia Murni menjelaskan kantin sekolah yang menjadi fokus dalam pencanangan masyarakat hidup sehat, karena berdasarkan hasil survey hampir 30% asupan gizi berasal dari jajanan di lingkungan sekolah.

Diinformasikan Karo Humas dan Protokol Bayana, kantin sehat selain menjaga kebersihan, juga untuk menjaga nutrisi anak.

 “Jajan tidak selalu merupakan kebiasaan yang buruk, karena anak-anak sekolah punya aktivitas yang tinggi. Sehingga perlu asupan di antara waktu makan pagi dan siang,” katanya.

Pencanangan gerakan konsumsi pangan aman melalui kantin sehat juga dilakukan penyematan pin kepada fasilitator SD, SMP dan SMA yang di wakili oleh SDN 1 Perumnas Waykandis, SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 9 Bandarlampung. (rls/red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos