Perda Baca Tulis Quran Disahkan Pekan Depan

img
Ilustrasi. (Foto: Ist).

Harianmomentum.com - DPRD Kota Bandarlampung pada Senin (22/1/18) depan akan mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pendidikan Baca Tulis Alquran. 


Perda atas usul inisiatif dewan itu, menurut Ketua DPRD Bandarlampung Wiyadi, akan disahkan setelah seluruh materi draf raperda dibahas dan disepakati DPRD dan Wali Kota Bandarlampung.


"Ya, ini disahkan setelah melalui pembahasan di panitia khusus (Pansus) Raperda Baca Tulis Alquran. Dengan perda ini diharapkan anak-anak didik dari pra sekolah sampai jenjang menengah pertama bisa membaca Alquran dan mengetahui tentang agama Islam, " ujar Wiyadi,  Kamis (18/1).


Tujuan perda ini, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandarlampung, ini untuk membangun dan membentuk kualitas manusia yang berakhlak mulia dan berwawasan qurani.


"Dengan adanya Perda Pendidikan Baca Tulis Alquran diharapkan peserta didik mampu membaca, menulis, memahami dan sekaligus melaksanakan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya. 


Menurut Wiyadi, Perda akan diterapkan untuk peserta didik yang beragama Islam di semua jalur dan jenjang pendidikan formal dan lembaga pendidikan Alquran yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Bandarlampung.


"Penyelenggaraan pendidikan baca tulis Alquran pada jalur pendidikan formal dan lembaga pendidikan Alquran menjadikan baca tulis Alquran ini sebagai bagian dari kurikulum pendidikan dalam bentuk muatan lokal," jelas Wiyadi.


DPRD dan wali kota berkomitmen, pembinaan akhlak dan budi pekerti kepada seluruh peserta didik. Sehingga saat ini juga DPRD dan wali kota sedang melakukan kajian teknis untuk membuat Perda atau Peraturan Wali Kota untuk pemeluk agama lain, katanya.


Teknis pelaksanaan perdan ini, masuk mata pelajaran dalam bentuk mulok (muatan lokal). Tentang berapa kali diterapkan seminggu, nanti diatur dalam perwali, sehingga terealisasi dengan baik, terangnya. 


Perda ini khusus siswa yang beragama Islam. Dengan adanya pelajaran baca tulis Alquran, para anak-anak didik di Kota Bandarlampung diharapkan memahami agama Islam dan bertatakrama baik, menjaga sopan-santun dan berkepribadian yang mulia. (aji).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos