Bupati Lamtim Panen Perdana Ikan Lele

img
Bupati Lampung Timur memimpin proses panen ikan lele milik kelompok Budidaya Ikan.

Harianmomentum.com-- Bupati Lampung Timur (Lamtim) Chusnunia Chalim alias Nunik memimpin proses panen ikan lele milik kelompok Budidaya Ikan, Agra Mina Lestari Desa Donomulyo, kecamatan Bumi Agung.

Saat memanen ikan, Senin (22/1/18) bupati ditemani Dandim 0411/LT, Letkol CZI Burhanudin, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Tohir Hanafi, Wakil Kepala Polsek Bumi Agung, Ipda Hariyanto, Plt. Camat Bumi Agung Edy Gunarto.
 

Dalam kesempatan itu, Nunik merasa bersyukur dapat mengikuti langsung proses panen tersebut. Menurut dia, selain Desa Donomulyo ada beberapa desa lain yang berpotensi menjadi sentral ikan air tawar.

Yakni; Bumi Agung, Pekalongan, Batang Hari, Sekampung, Purbolinggo, Sukadana dan wilayah lain.

Pemkab Lamtim, kata dia, sudah mengalokasikan anggaran untuk membantu para kelompok budidaya ikan agar bisa menopang perekonomian warga setempat.

Ditambah lagi, adanya program bantuan dari kementerian pusat setiap tahunnya sehingga petani ikan di Lamtim bisa terus eksis.

Diketahui, Kelompok Budidaya Ikan Agra Mina Lestari sendiri terbentuk pada Desember 2016 dengan jumlah 25 anggota, namun baru memulai budidaya ikan lele tersebut sejak November 2017 lalu.

Menurut ketua kelompok budidaya ikan Agra Mina Lestari Dwi Winarto menyebutkan budidaya ikan lele ini merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pusat yang di fasilitasi oleh Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Lamtim.

Berkat adanya Bantuan Pengembangan Wirausaha Perikanan, Kelompok Agra Mina Lestari mulai mengembangkan budidaya Lele 2 bulan lalu dengan menebar 40.000 ekor bibit Lele.

Ia berharap pada panen kali ini dapat mencapai target yang diharapkan yakni 3 ton 3 kwintal.

“Harapannya, ibaratkan bantuan ini modal, jadi kita dapat kembangkan terus ke petani kelompok, jangan sampai habis uangnya, sehingga anggota bisa sejahtera dan bisa punya tambahan kas, jadi selalu ada usaha bersama” harap Dwi. (rif/ap)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos