Ratusan Bacalkades di Lampura Ikuti Seleksi Berkas

img
Sejumlah bakal calon kepala desa di Kabupaten Lampung Utara mengikuti verifikasi berkas di Aula DPMPD setempat.

Harianmomentum--Sebanyak 290 bakal calon kepala desa (Bacalkades) di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengikuti tahapan verifikasi berkas.

Seleksi berkas bacalkades dari 90 desa itu ditempatkan di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) setempat, Selasa (11/04/17).

Menurut Kepala Dinas DPMPD Lampura Wahab, tahapan verifikasi berkas Bacalkades akan berlangsung hingga lima hari kedepan (15/04/17).

Panitia Pilkades Lampura terbagi menjadi tiga tim, masing-masing perharinya diperkirakan akan memverifikasi 5 desa.

Sedangkan untuk desa yang Bacalkades nya lebih dari 5 orang maka akan dilakukan seleksi tambahan (uji kompetensi dan wawancara) pada tanggal 17 April.

Hasil pendataan sementara, ada lima desa yang memiliki bacalkades lebih dari lima orang. Yakni, Desa Bandarputih (Kotabumi Selatan), Madukoro (Kotabumi Utara), Desa Sukasari (Tanjungraja), Beringinraya (Abungkunang) dan desa Tanjungbaru Timur (Bukit Kemuning).

 “Sehingga besar kemungkinan hasil verifikasi akan diumumkan di atas tanggal 17 April 2017,” katanya.

Tahun ini, para calon tidak dibebankan biaya lagi sebagaimana tahun 2015 yang lalu. Karena dana Pilkades sudah dianggarkan melalui alokasi dana desa (ADD) sesuai dengan peraturan Bupati yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah mata pilih.

Untuk mata pilih hingga 1.000 dianggarkan Rp 20 Juta. Selanjutnya 1000-2000 dianggarkan Rp 30 Juta.

Kemudian, 2000 hingga 3000 mata pilih dianggarkan Rp 40 Juta dan jika lebih dari 5.000 mata pilih akan dianggarkan Rp50 Juta.

 “Sedangkan untuk pembuatan kotak dan surat suara dananya akan ditanggung pemkab melalui APBD," ujarnya.

Panitia Pilkades melibatkan instansi vertikal (Kodim 0412, Polres Lampura, Kejaksaan Negeri) dan Organisasi Perangkat Daerah (DPMPD, Kesbangpol, Disdukcapil, Diknas, Inspektorat dan Bagian Hukum).

Dari 232 desa di Lampura tahun ini terdapat 90 desa yang akan menggelar Pilkades pada 24 Mei mendatang. (Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos