Lagi-lagi Kapal Vietnam Ditangkap Bakamla RI

img
Ilustrasi. Foto: Google

Harianmomentum--Badan Keamanan Laut Republik Indonesia kembali menangkap sebuah kapal berbendera Vietnam yang melakukan pencurian ikan di Perairan Natuna, Rabu lalu (12/4).

 

Demikian berita yang diteruskan Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Marinir Mardiono, hari ini.

Kali ini penangkapan dilakukan oleh Kapal Nasional (KN) Belut Laut 4806 milik Bakamla RI yang sedang melakukan patroli rutin di perairan dekat Laut Cina Selatan, dikutip RMOL.CO.

Kapal tanpa nama yang bercirikan anjungan putih dan lambung biru tersebut ditangkap pada saat sedang melakukan aksinya di Perairan Natuna yang kaya. Ketika diperiksa, kapal Bth 97744 TS tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen kapal dan memuat berbagai ikan campuran hasil tangkapan. 

Kapal Vietnam ditengarai sebagai kapal asing dengan riwayat paling banyak melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia. Sepanjang tahun 2016 lalu, sebesar 42 persen kejahatan illegal fishing oleh kapal asing yang ditangkap oleh Bakamla RI merupakan kapal berbendera Vietnam. 

Selanjutnya, kapal yang dinakhkodai oleh Do Duoc dan membawa 8 warga negara asing tersebut dikawal menuju ibukota Kabupaten Natuna, Ranai, dan diserahkan ke pangkalan  Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kumbik Natuna untuk proses lebih lanjut. (Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos