Partisipasi Pemilih di Lapas Capai 100 Persen

img
Ilustrasi. Foto: Google

Harianmomentum-- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Arief Budiman mengatakan partisipasi pemilih di lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan pada umumnya lebih tertib mencapai 100 persen dibandingkan dengan TPS di lingkungan luar Lapas.

 

Hal ini dikarenakan ruang lingkup tempat pemungutan suara kecil dan para pemilihnya mudah diidentifikasi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Menurut Arief, jika ada pemilih di rutan atau lapas belum mencoblos, pasti akan dipanggil atau dicari oleh petugas. Untuk menemukan pemilih yang bersangkutan, lanjut dia, tidaklah sulit. 

"Mereka kan sudah saling kenal dan tahu satu sama lain sehingga mudah diajak atau dipanggil," kata Arief usai mengunjungi Lapas Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur, Rabu (19/4), dikutip RMOL.CO.

Namun, Arief menegaskan, apa yang dilakukan oleh petugas lapas ini sifatnya tidak memaksa. Jika para penghuni lapas tidak mau menyuarakan hak pilihnya tak masalah. 

Selain Lapas Pondok Bambu, Komisioner KPU Pusat juga mengunjungi TPS yang ada Ramah Susun Kampung Pulo, Jakarta Timur dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). (Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos