Biaya Operasional Puskesmas Pesisir Barat Diduga Dipotong 30%

img
Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat. Foto. Agung.

Harianmomentum.com--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat diduga melakukan pemotongan biaya operasional kesehatan (BOK) anggaran 2017 di setiap puskesmas yang ada di wilayah itu.


Berdasarkan informasi yang dihimpun harianmomentum.com, alasan pemotongan BOK tersebut untuk dana saving di Dinas Kesehatan,  seperti pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Pemotongan dilakukan melalui salah satu kabid pada dinkes setempat. 


"Iya, informasi dari staf saya, sebelumnya ada pemotongan BOK tersebut terlebih dahulu semua puskesmas dirapatkan oleh dinkes," kata sumber yang bisa dipertanggungjawabkan yang enggan disebutkan identitasnya, Kamis (19/4).


Dijelaskan, dugaan pemotongan dana BOK tersebut sekitar 30 persen dari palfon Rp500 juta. Sedangkan dana yang dikelola di puskesmas sekitar Rp300 juta lebih. "Pemotongan mulai dilakukan sekitar November 2017," jelasnya.


Ketika dimintai tanggapannya tentang pemotongan BOK puskesmas, Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Barat Bambang Purwanto dengan tegas membantah melakukan pemotongan BOK puskesmas. Dia mengaku siap bertanggung jawab jika persoalan itu benar terjadi.


“Saya siap memberikan keterangan bagi siapapun memberi informasi adanya dugaan pemotongan tersebut. Silakan yang memberi informasi itu bawa ke kantor Dinas Kesehatan,“ katanya. (agu).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos