Festival Kalianda akan Dihadiri Delapan Dubes

img
Persiapan pelaksanaan Festival Kalianda 2018./Boby

Harianmomentum.com--Delapan Duta Besar (Dubes) negara sahabat direncakan menghadiri perhelatan budaya bertajuk “Festival Kalianda 2018” yang akan dipusatkan di Lapangan Radin Inten, Kalianda, Sabtu (5/5).

 

“Untuk kesiapannya kita sudah 90 persen. Acaranya kita pastikan juga akan dihadiri delegasi dari delapan negara sahabat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Lampung Selatan, Yuda Sukmarina, saat ditemui di Lapangan Radin Inten, Jumat (4/5).

 

Menurut Yuda, Festival Kalianda tahun ini diadakan selain untuk mewariskan eksistensi kebudayaan dan adat istiadat, sekaligus juga untuk memperkenalkan berbagai potensi wisata, khususnya wisata bahari yang ada di kabupaten berjuluk Gerbang Krakatau ini.

 

“Jika sebelumnya kita hanya menampilkan pawai budaya saja, nantinya juga akan ada pawai adat yang melibatkan tokoh adat dari enam Marga Sai Batin. Dalam pawai adat ini kita ingin mengangakat kearifan lokal Pengantin Saibatin dilanjutkan dengan prosesi pemberian 'adok' gelar kepada pasangan pengantinnya,” ungkap Yuda.

 

Selain itu, enam Pangeran adat Marga Saibatin juga tampak mengikuti 'technical meeting' beserta seluruh panitia dengan melakukan persiapan akhir sebelum acara dibuka secara resmi.

 

Sementara itu, Pangeran Naga Beringsang, dari marga Dantaran mengaku, sangat mengapresiasi diadakannya event internasional itu. Menurutnya, dengan dihadiri para Dubes dari berbagai negara, menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Kabupaten Lampung Selatan.

 

“Kami merasa bangga dengan Bupati Lampung Selatan yang mempunyai ide dan gagasan untuk membangkitkan adat budaya dari 6 Marga Adat Sai Batin dan suku-suku lainnya di Lampung Selatan. Ini membuktikan bahwa adat di Lampung Selatan ini bersatu,” pungkasnya.(bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos