Hoax Marak, Perusahaan Medsos Raup Untung Rp8,4 Triliun

img
Diskusi News or Hoax yang diselenggarakan PWI Lampung

Harianmomentum--Perusahaan media sosial seperti facebook dan twiter merupakan pihak yang paling diuntungkan dari maraknya hoax atau berita bohong.Hal tersebut dikatakan Ketua Presidium Jaringan Wartawan Anti Hoax (JAWAH) Agus Sudibyo.

"Tahun lalu, total keuntungan seluruh perusahaan media sosial seperti facebook dan twiter mencapai Rp8,4 triliun," kata Agus  saat menjadi pembicara diskusi bertema News or Hox yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung di Ballroom Swiss Belhotel, Bandarlampung, Rabu (26/4).

Dia menerangkan keuntungan perusahaan media sosial itu didapat dari iklan yang membonceng dalam pemberitaan hoax.

"Berita hoax itu disebarkan oknum melalui media sosial. Oleh perusahan medsos, hoax itu dimanfaatkan untuk menjual iklan. Dari situlah keuntuang didapat," teranganya.

Padahal, lanjut dia, hoax sangat berdampak negatif terhadap kehidupan sosial masyarakat, bahkan bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Karena itu, pers harus melawan penyebaran hoax tersebut dengan menyajikan konten berita yang benar dan berkedalaman.

Diskusi tersebut juga menghadirkan dua pembicara lainnya: Wakil Ketua Bidang Daerah PWI Pusat Atal S Dapari dan Ketua Serikat Media Siber Indonesia Teguh Santosa.(mnz)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos