Lampung Terbanyak Sumbang Anak Berprestasi PKH

img
Bidikmisi. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Kementerian Sosial RI mencatat Provinsi Lampung penyumbang anak berprestasi peserta Program Keluarga Harapan (PKH) terbanyak se-Indonesia. Dari 189 anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH pada 2018, sebanyak 35 anak dinyatakan lulus. 

 

Direktur Perlindungan dan Jaminan Sosial Keluarga Kemensos RI Nur Pujianto menuturkan, besarnya anak berprestasi ini tak lepas dari peran pendamping PKH yang selalu memberikan bimbingan kepada KPM. 

 

"Dari 189 anak yang sedang mengikuti seleksi Bidik Misi dan sampai dengan hari ini, 35 orang telah dinyatakan lulus. Ini berkat peran pendamping," ujar Nur Pujianto di Bandarlampung, Selasa, 22 Mei 2018.

 

Dikatakannya, Kementerian Sosial selalu memberikan bekal kepada para pendamping berbagai ilmu untuk meningkatkan kapasitas KPM seperti penguatan pentingnya pendidikan bagi kelaurga tidak mampu. Materi tersebut diberikan kemensos pada saat bimbingan dan pemantapan pendamping PKH.  

 

"Pendamping Sosial PKH merupakan pasukan garis terdepan dalam pengentasan kemiskinan. Peran Pendamping Sosial PKH sangat bermanfaat dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi permasalahan kemiskinan," ungkapnya.

 

Kegiatan pengembangan kepesertaan PKH di lapangan, seperti sosialisasi PKH, validasi, verifikasi, Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau Family Development Session (FDS), pemutakhiran, hingga proses penyaluran bantuan kepada KPM membutuhkan peran pendamping sosial PKH untuk memperlancar kegiatan administrasi dan teknis dari daerah ke pusat.

 

Sementara mengenai jumlah dan besaran bansos PKH yang akan ditingkatkan pada tahun depan, Nur mengatakan, kenaikan anggaran tersebut dikarenakan kenaikan nominal dan disesuaikan dengan beban KPM.

 

"Sementara ini besaran bantuan masing-masing KPM sama yakni Rp1,89 juta per-tahun. Ke depan penerima bantuan itu mulai Rp2 juta hingga Rp3,5 juta tergantung beban keluarganya," bebernya.

 

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni melaporkan, implementasi PKH di Lampung sejak 2011. Prestasi yang dicapai khususnya bagi anak-anak KPM antara lain pada 2017 sebanyak 28 anak berhasil melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri/swasta dengan program Program Bidik Misi. 

 

Sedangkan pada 2018 sebanyak 189 orang sedang mengikuti seleksi Bidik Misi dan sampai dengan hari ini sebanyak 35 orang telah dinyatakan lulus. Anak KPM-PKH lainnya yang berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik sebanyak 549 orang. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos