Jujun Endah Tinjau Bandara, Teriminal dan Stasiun KA

img
Direktur Prasarana Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI Jujun Endah Wahjuningrum. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Direktur Prasarana Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI Jujun Endah Wahjuningrum mengecek kesiapan prasarana angkutan lebaran 2018 di Bandara Radin Inten II, Terminal Rajabasa, dan Stasiun Kereta Api Tanjungkarang, Rabu (23/5/2018).

 

Hal tersebut dilakukan guna melihat sejauh mana kemantapan sarana dan prasarana serta petugas dari masing-masing angkutan lebaran dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

Selama pantauannya di lapangan, Jujun mengkoreksi beberapa aspek pelayanan tiga sarana transportasi tersebut. Seperti di bandara, ia mengungkapkan pelayanan petugas Aviation Security (Avsec) harus lebih mantap dalam pemeriksaan setiap penumpang bandara.

 

"Saya mengkoreksi petugas untuk mendeteksi cek body. Itu seharusnya lebih baik lagi jadi kalau harus memeriksa dengan memegang bagian tubuh penumpang itu ya di pegang, jangan ragu. Karena disitulah muara dari keamanan bandara," ujar Jujun.

 

Kemudian Jujun mengatakan, Terminal Rajabasa juga perlu pembenahan terutama pada penataan lokasi keberangkatan dan kadatangan penumpang karena masih menumpuk di satu tempat.

 

"Di terminal tadi saya minta diatur tempatnya antara kedatangan dengan pemberangkatan. Jangan sampai kedatangan dan keberangkatan jadi satu. Sarana maupun prasarananya masih perlu ditambah, tetapi saya lihat sedang ada yang diperbaiki, pemasangan cctv dan sebagainya," ungkapnya.

 

Sementara di Stasiun Tanjungkarang, dia menilai kesiapannya sudah cukup matang mulai dari sarana penunjang IT, lingkungan, dan Standard Operational Procedure (SOP) yang baku. 

 

Namun dia berpesan kepada seluruh pelayanan transportasi untuk mensiagakan petugas guna mengantisipasi saat terjadi lonjakan penumpang.

 

"Nanti kalau masa angkutan lebaran kan tentu penumpangnya makin banyak, karena itu petugasnya harus semakin sigap terhadap banyaknya orang. Tadi saya tanya ke calon penumpang, di tempat sampahnya ada tulisan Inggris kaya plastic, paper, apa semua pengguna itu tahu bahasa Inggris? Ternyata ya tetap harus dibantu juga dengan petugas," tutupnya. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos