Puluhan Tahun Menanti, Wayharu Kini Tak Lagi Terisolasi

img
Jalan menuju Wayharu, Bandardalam, Siringgading, Waytiyas, Kecamatan Bangkunat. Foto. Agu

Harianmomentum.com--Setelah menanti puluhan tahun, akhirnya empat pekon (desa) di wilayah Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), terbebas dari keterisoliran.


Empat pekon itu: Wayharu, Bandardalam, Siringgading dan Pekon Waytiyas.

 

Masyarakat di keempat pekon yang selama ini terpencil, kini memiliki akses jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesibar membangun akses jalan ke wilayah itu, dalam tempo sekitar satu tahun sejak awal 2017.

 

Pada Senin 28 Mei 2018, jajaran Pemkab Pesibar melakukan kunjungan dalam agenda Safari Ramadan ke kawasan Wayharu.


Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, 12 kendaraan rombongan Bupati Agus Istiqlal, Wakil Bupati Erlina, Sekkab Azhari, para asisten  staf ahli dan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), tiba di lokasi.

 

Sekdakab Pesibar Azhari mengatakan, keberhasilan membuka keterisoliran empat pekon berpenduduk sekitar tujuh ribu jiwa itu, tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras seluruh jajaran pemkab dan masyarakat setempat.


"Kalau bupati kita tidak berani, dan berjiwa petarung, saya yakin jalan ini tidak bisa tembus dan bisa dilalui kendaraan roda empat," kata Azhari pada harianmomentum.com.

 

Menurut dia, proses pembukaan badan jalan yang menghubungkan Pekon Sumberrejo-Wayharu itu, banyak menghadapi kendala. Namun semuanya berhasil diselesaikan dengan baik.



 

Bahkan, dia menjelaskan, terbunya akses jalan ke Wayharu, dengan sendirinya listrik PLN akan masuk ke wilayah itu. "Apalagi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) sudah memberikan izin untuk pemasangan tiang dan kabel listrik PLN," kata dia. 

 

Wayharu dikenal sebagai daerah yang subur dan memiliki banyak potensi. Selama ini sulit berkembang karena terhambat akses jalan yang membuat masyarakat tidak bisa mendapatkan hasil maksimal dari usahanya.

 

"Kini jalannya sudah bisa dilalui mobil. Listrik juga tidak lama lagi akan masuk ke Wayharu. Kami optimistis, kesejahteraan masyarakat Wayharu akan meningkat," katanya.



 

Terbukanya akses jalan itu, disambut warga dengan penuh syukur. Hal ini antara lain diungkapkan Basari warga Pekon Bandardalam. Kakek berusia 85 tahun ini mengaku gembira dan bersyukur kepada Allah. 

 

Ia pun mendoakan, para pemimpin di Pesibar diberikan kekuatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Desa kami kini tak terisolir lagi," katanya.

 

"Ini anugerah besar yang patut disyukuri. Saya berterima kasih dengan bupati, karena kegigihannya sehingga sekarang Wayharu sudah terbuka aksesnya dan mudah-mudahan masyarakat cepat sejahtera," ungkap pria kelahiran Wayharu itu.

 

Anggota DPRD Pesibar Mat Nawawi  yang juga mantan Peratin Pekon (kepala desa) Bandardalam selama dua periode, menyampaikan terima kasih atas dibukanya akses Sumberrejo-Wayharu.


"Semoga ke depan segala pembangunan lebih mudah lagi masuk ke Wayharu, sehingga peningkatan infrastruktur berkembang pesat," katanya. (asn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos