Dialog dengan Menkes, Getar Lampung Yakin akan Terbentuk Daerah Percontohan Bebas Bahaya Rokok

img
Komunitas Getar Lampung bersama Wakil Bupati Pringsewu Fauzi usai dialog dengan Menteri Kesehatan melalui video conference

Harianmomentum.com--Komunitas Generasi Tanpa Rokok (Getar) Lampung berkesempatan berdialog dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F Moeloek, pada peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Kami   (31/06/2018).

 

Dialog tersebut yang berlangsung di Aula Kantor Pemerintah Kabupaten Peringsewu itu, dilakukan melalui fasilitas video conference bersama jajaran empat daerah penerima penghargaan Pastika Parama Tahun 2018. 

 

Koordinator Getar Lampung Endiko Agung dalam dialog tersebut mengatakan, pemuda punya peran penting sebagai penggerak penyelamatan generasi dari bahaya rokok. 

 

"Lampung satu-satunya yang memiliki komunitas pengendalian tembakau dari kalangan sipil. Keberadaan dan peran Getar dalam menyosialisasikan bahaya rokok pada masyarakat,sudah dirasakan hingga tingkat nasional," kata Endiko Agung. 

 

Dia mengungkap, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung,  prevalensi usia 15-19 tahun menjadi perokok aktif meningkat 30 persen, selama tiga tahun terakhir. 

 

Peningkatan jumlah perokok secara signifikan itu menyebabkan banya bermunculan penyakit tidak menular di tengah masyarakat. 

 

"Di tengah persoalan ini, kami optimis di Lampung suatu saat, akan ada kampung-kampung atau kabupaten percontohan yang terbebas dari bahaya rokok," terangnya. 

 

Menurut dia, program kampung percontohan bebasrokok sudah diterapkan di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. 

 

"Keyakinan kami samakin kuat, dengan adanya  penerapan perda kawasan tanpa rokok di Kabupaten Pringsewu yang tahun ini mendapat penghargaan Pastika Parama dari Kementerian Kesehatan,” ungkapnya. (rls)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos