Disbudparpora Tanggamus Gelar Pelatihan Sanggar Seni

img
Pelatihan sanggar seni budaya kepada para guru kesenian di Kabupaten Tanggamus./ist

Harianmomentum.com--Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Tanggamus menggelar pelatihan sanggar seni bagi guru kesenian di wilayah setempat.

 

"Kegiatan pelatihan diselenggarakan agar dapat menunjang peningkatkan kreativitas guru seni hingga pedesaan di Tanggamus ini," ujar Asisten Tiga Bidang Administrasi Firman Rani mewakili Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin saat membuka pelatihan bertema "Menambah Wawasan dan kreativitas Guru Seni Sekolah atau di Pedesaan" di Aula Hotel 21 Kecamatan Gisting, Selasa (5/6).

 

Menyampaikan sambutan Pj Bupati Tanggamus, Asiten III Bidang Administrasi Firman Rani mengatakan agar pelatihan sanggar seni budaya ini dapat diikuti dengan baik karena dapat menyalurkan bakat kepada masyarakat.

 

Ia berharap kiprah dari pengelola sanggar seni baik di sekolah maupun pekon (desa) atau kecamatan tetap diterapkan kepada masyarakat sekitar.

 

"Harapannya juga supaya sanggar seni di Tanggamus bisa lebih ditingkatkan dan dikembangkan serta bisa mengikuti ajang-ajang festival nasional," kata dia.

 

Firman juga berharap Tanggamus bisa mewakili Lampung, sehingga membawa daerah itu menjadi lebih baik lagi.

 

Sementara, Kadisbudparpora Gandung Hartadi menyampaikan, kegiatan pelatihan sanggar seni Tanggamus ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan serta kreatifitas dan tentang bagaimana cara mengelola sanggar seni yang ada di sekolah lingkungan pekon/desa atau masyarakat.

 

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai 5 hingg 6 Juni 2018 di Aula Hotel 21 Gisting dengan jumlah anggota 30 orang, yang terdiri dari 15 guru seni budaya SD, SMP, SMA/SMK dan 15 sanggar yang berada di pekon dan kecamatan.

 

Ia menambahkan juga, November mendatang akan dilaksanakan parade nusantara, maka dari itu Tanggamus mengumpulkan semua kreasi tari untuk di lakukan pelatihan sebagai pondasi awal untuk mengasah bakat dan kemampuannya, setelah itu akan mewakili daerah itu baik provinsi maupun nasional.

 

Untuk provinsi, kita akan tampilkan pada ajang Festival Krakatau periode mendatang.

 

"Saya selalu berpesan kepada para peserta agar menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan, kita harus menjaga nilai-nilai luhur kebudayaan kita yang ada di Tanggamus," ujar Gandung.(zal)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos