Pesawaran Siap Amankan Arus Mudik 2018

img
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyematkan tanda petugas operasi Krakatau 2018./Dody

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran bersama jajaran Kepolisian Resor (Polres) setempat siap untuk mengamankan arus mudik-balik Idul Fitri 1439 Hijriyah/2018.

 

Hal tersebut disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Romadhona pada apel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2018, di Lapangan Mapolres Pesawaran, Rabu (6/6/2018).

 

Dengan mengambil tema 'Kita tingkatkan sinergi polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1439 H'.

 

Apel gelar pasukan tersebut, dipimpin langsung Bupati Dendi Ramadhona dengan dihadiri oleh jajaran instansi terkait Pemkab Pesawaran, seperi Dishub, Pol PP, Polres, dan Batalyon 7 marinir, serta jajaran Forkopimda kabupaten setempat.

 

Dendi Ramadhona mengatakan, sebagai salah satu operasi kepolisian terpusat, Operasi Ketupat Krakatau diselenggarakan serentak di seluruh jajaran Polda Lampung selama 18 hari mulai 7-24 Juni 2018.

 

Kegiatan itu melibatkan sebanyak 173.397 personel gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda, serta stake holders terkait dan elemen masyarakat lainnya.

 

"Rencana operasi ini disusun melalui serangkaian evaluasi terhadap pelaksanaan Operasi Ramadhaniya 2017, yang disertai analisa potensi gangguan kamtibmas di 2018," ujar bupati saat memimpin apel tersebut.

 

Dendi juga mengatakan, pada pelaksanaan operasi tahun ini, setidaknya terdapat empat potensi kerawanan yang harus diwaspadai bersama. Pertama adalah stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan. Kedua adalah permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik.

 

Selanjutnya, potensi kerawanan yang juga harus diantisipasi adalah bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya seperti curat, curas, curanmor. Serta copet, pencurian rumah kosong, begal dan hipnotis. Kemudian yang ke empat adalah, ancaman, tindak pidana dan terorisme.

 

"Dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalan penyelenggaraan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat tahun 2018 ini. Semoga pengabdian yang dilaksanakan dengan penuh keikhlasan di bulan Ramadhan ini, akan membawa berkah bagi kita semua," ungkapnya.(doy)

 

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos