Dana Desa Tahap II di Pringsewu Sudah Bisa Dicairkan

img
Ilustrasi,. Foto: ist

Harianmomentum.com--Proses pencairan Dana Desa IDD) tahap II tahun 2018 untuk wilayah Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung sudah dimulai sejak Rabu  6 Juni lalu.

 

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengatakan, berdasarkan data list yang dirilis oleh pendamping nasional program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,  per tanggal 6 Juni 2018, DD untuk wilayah Kabupaten Pringsewu sudah bisa disalurkan ke pihak pekon (desa).

 

"Alhamdulillah DD tahap IIuntuk Kabupaten Pringsewu sudah bisa dicairkan, karena data-data yang dibutuhkan sudah lengkap sesuai dengan aturan yang ada," kata Fauzi pada harianmomentum.com.Jumat (8/6/2018)

 

Walau begitu, lanjut dia, penyaluran DD ke rekening kas desa tetap mengacu pada peraturan dan persyaratan yang ditetapkan pemerintah. 

 

Karena itu, dia meminta aparatur pekon berkoordinasi dengan pihak kecamatan masing-masing, untuk menyelesaikan laporan pelaksanaan DD tahap pertama sebagai dasar pengajuan pencairan tahap II.

 

Hal senada disampaikan, tenaga ahli pendamping P3MD Agustiawan. Menurut dia, persyaratan dalam pencairan DD tahap II berdasarkan PMK 225, adalah laporan realisasi DD tahun sebelumnya, yang harus diinput melalui KPPN. Input data tersebut saat ini sedang dikerjakan oleh Tim BPKAD.

 

"Kalau masih ada beberapa kendala, biasanya dikarenakan adanya laporan realisasi DD dari pekon yang belum 100 persen, sehingga SILPA- nya pun belum sinkron," jelasnya.

 

Terpisah, Pengelola SisKeuDes pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon Kabupaten Pringsewui  Dio Pramudia Wiratama mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan para aparatur pekon, terkait proses pencairan DD tahap II. 

 

“Sudah kita koordinasikan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, DD tahap II langsung dapat ditransfer dari  rekening kas umum daerah ke rekening kas desa  atau pekon masing-masing, berdasarkan kelengkapan persyaratan yang ditetapkan,” jelasnya. (lis)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos