Masih 69 Persen Pemudik Belum Kembali ke Pulau Jawa

img
Arus bali pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten. Foto: bobo

Harianmomentum.com--Lebih dari 45 ribu atau 31 persen pemudik dari Pulau Sumatera kembali menuju Pulau Jawa melalui pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan.

 

Data  PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Bakauheni mencatat pada H+4 lebaran (Selasa 19/6/2018) total pemudik yang menyeberang dari  Sumatera ke Jawa mencapai 146.413 orang.

 

Dari jumlah tersebut, 45.622 orang merupakan pemudik pejalan kaki. Lainya pemudik menggunakan kendaraan: mobil pribadi, angkutan umum dan sepeda motor.

 

General Manager  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Anton Murdianto mengatakan, pihaknya memprediksi peningkatan jumlah pemudik yang kembali ke Pulau Jawa akan terus terjadi hingga H+5 lebaran (Rabu 20/6/2018).


"Saat puncak arus, penumpang pejalan kaki diprediksikan mencapai 25.931 orang atau naik sekitar 5,9 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 24.481 orang yang terjadi pada H+5," kata Anton.


Untuk mengantisipasi penumpukan pada arus balik, ASDP Cabang Bakauheni telah menyiapkan 14 loket penumpang dan 31 loket kendaraan meliputi: 17 loket untuk kendaraan roda empat dan 14 loket roda dua.

"Dari kapasitas terpasang yang disiapkan sebanyak 72.ribu orang, hanya terpakai 36 persen, sehingga sangat memadai untuk melayani arus balik lebaran," terangnya. (bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos