Pantai Sari Ringgung Upayakan Sejahtrakan Masyarakat

img
Suasana liburan pengunjung wisata di pantai Sari Ringgung./Agung CW

Harianmomentum.com--Walau terbilang baru, Pantai Sari Ringgung yang terletak di Jalan Way Ratai, Desa Sidodadi, Telukpandan, Kabupaten Pesawaran terus berupaya memberikan manfaat kepada 800 warga yang bermukim di areal setempat.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Harianmomentum.com dari masyarakat setempat (Sabtu 23/6), menjelaskan bahwa kesejahteraan hidup mereka mulai meningkat seiring dengan berkembangnya pantai berpasir putih itu.

 

Bahkan, dari tahun ke tahun penerima manfaat tersebut semakin bertambah.

 

Direktur PT Pantai Sari Ringgung, Andri Surya Praja menjelaskan, hingga saat ini sebanyak 800 warga setempat yang menggantungkan hidupnya dari pantai yang memiliki pasir timbul itu.

 

Andri mendata, sejumlah 50 pedagang telah di berdayakan untuk dapat berjualan di lokasi pantai setempat .  

 

"Dari 50 pedagang ini memiliki paling kecil keluarga sebanyak 5 orang. Artinya dari aktifitas berdagang di lokasi wisata ini penerima manfaat nya sebanyak 250 orang.  

 

Selanjutnya, sambung dia, masyarakat setempat yang memiliki perahu motor untuk melayani tamu sejumlah 60 orang. 

 

"Dari 60 pemilik kapal motor ini paling kecil keluarganya sebanyak 5 orang.  Artinya dari aktifitas ini penerima mafaatnya sebanyak 300 orang," terangnya.

 

Selain itu, lanjut dia, untuk masyarakat yang dilibatkan sebagai karyawan, dari penjaga pantai, cafe, kebersihan dan tenaga penunjang lainnya sebanyak 50 orang. 

 

"Dari 50 orang ini juga, rata rata memiliki keluarga sebanyak 5 orang.  Artinya dari aktifitas ini penerima manfaat sebanyak 250 orang," kata dia.

 

"Jika dijumlahkan, maka jumlah penerima manfaat secara langsung dari kegiatan wisata yang dilakukan oleh PT.Pantai Sari Ringgung sejumlah 800 orang," sambungnya.

 

Salah satu penerima manfaat, Ilham (54), warga setempat yang sudah bermukim diwilayah itu dari tahun 1995 mengaku sangat diuntungkan dengan adanya pengelolaan pantai tersebut. 

 

Pria yang kesehariannya berprofesi sebagai buruh di tambak udang ini, kini mendapat penghasilan tambahan dengan berjualan pakaian di areal Pantai Sari Ringgung. Apalagi, saat momen lebaran tiba seperti saat ini. Dia bisa merauk keuntungan dua kali lipat per harinya.

 

“Saya bersyukur mas dengan adanya pengelolaan pantai ini. Tiap Sabtu-Minggu saya bisa meraup pendapatan Rp1 juta sampai Rp1,5 juta perharinya. Kalau pas habis lebaran ini lumayan,” kata Ilham.

 

Hal senada dikatakan Nasroh (49), istri dari Ilham. Dia juga merasa sangat diuntungkan dengan pembangunan panti itu. Menurut dia, pembangunan infrastruktur jadi jauh meningkat dari sebelumnya.

 

“Selama pantai dibangun ini kita enak. Akses jalan dulu dengan sekarang jauh, dulu jalan setapak, sekarang sudah diaspal. listrik juga dulu tidak ada, baru inilah listrik masuk, itupun perusahaan PT Pantai Sari Ringgung yang membangunnya, bukan pemerintah setahu saya mah,” jelasnya.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos