10 Juli, Lambar Gelar Festival Sekala Bekhak V

img
Even Promosi Wisata Tahunan Kabupaten Lampung Barat

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan kembali menggelar even promosi wisata bertajuk Festival Sekala Bekhak V. Even promosi wisata tahunan itu, akan diselenggarakan mulai tanggal 10 hingga 12 Juli 2018.

 

Seperti tahun sebelumnya, pucak acara Festival Sekala Bekhak V yang mengusung tema “Menikmati Alam dan Budaya Bumi Sekala Bekhak” itu, akan digelar Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekha pada 12 Juli 2018. Karnaval akan dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Liwa, Kecamatan Balikbukit.

Kepala Seksi Antraksi dan Daya Traik Wisata pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Lambar Endang Guntoro mengatakan, tujuan dari festival tersebut untuk meningkatkan kunjungan wisata ke kabupaten setempat. Selain itu sebagai sarana pelesatarian kesenian dan adat budaya lokal.

 

“Ini sebagai sarana promosi untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Lampung Barat, sekaligus sarana pelestarian adat budaya lokal,” kata Endang mendamping Kepala Diporapar Lambar Indra Kesuma.

 

Dia merangkan, sejumlah rangkain acara yang akan dilaksanakan dalam Festival Sekala Bekhak: ekspose Festival Sekala Bekhak V Tahun tanggal 2 Juli di Aula Kagungan, pembukaan festival dan Hippun Adat Paksi Pak Sekala Bekhak, tanggal 10 Juli di Gedung Dalom Paksi Buay Belunguh, Pekon (desa) Kenali, Kecamatan Belalau.

 

Hippun Adat adalah musyarawah adat tertinggi yang diikuti para sultan/raja dari empat kerajaan adat, Paksi Pak Sekala Bekhak: Paksi Buay Belenguh, Paksi Buay Pernong, Paksi Buay Nyerupa dan Paksi Buay Bejalan Diway.

 

Pada tanggal 10 Juli juga akan diadakan Lomba Nyambai di Lapangan Merdeka Liwa, Kecamatan Balikbukit yang menjadi lokasi utama Festival Sekala Bekhak V. Di tempat sama, pada tanggal 11 Juli juga akan digelar Lomba Hadrah dan Lomba Tari Kreasi.

 

”Untuk pemenang berbagi lomba itu, selain piagam dan piala, panitia juga menyiapkan hadiah uang pembinaan. Lomba-lomab itu kita bagi dalam beberapa kategori, di antaranya; kategori utusan kecamatan, kategori utusan sekolah tingkat SMA sederajat, tingak SMP, SD, TK dan PAUD serta kategori sanggar seni,umum dan etnis,” papar Endang pada harianmomentum.com.

Dia melanjutkan, pada Festival Sekala Bekhak tahun ini juga akan digelar Lomba Foto Pariwisata Bumi Sekala Bekhak pada tanggal 12 Juli. 

 

”Untuk target pengunjung pembukaan dan Hippun Adat, berkisar lima ratus sampai seribu orang.  Lomba nyambaihadrah dan tari kreasi masing-masing kita targetkan 500 orang dan karnaval kemilau budaya, kita targetkan tiga ribu orang,” ungkapnya. (lem)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos