Siswi MAN 1 Bandarlampung Raih Nilai UN Tertingggi di Lampung

img
Farah Ihza Fauzia Balqis, periah nilai UN tertinggi di Provinsi Lampung. Foto: Ira

Harianmomentum--Kaget sekaligus bahagia. Itulah perasaan Farah Ihza Fauzia Balqis saat mengetahui dirinya meraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi di Provinsi Lampung.

Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandarlampung jurusan keagamaan itu mendapat total nilai 340.50 poin. Rinciannya, Bahasa Indonesia (86.00), Bahasa Inggris (84.00), Matematika (72.50) dan Hadist (98.00).

Saat dihubungi harianmomentum.com, Rabu (03/06/17), Farah mengungkapkan rasa gembiranya. Padahal, dia mengaku tidak ada persiapan khusus sebelum menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) beberapa waktu lalu.

“Saya bersyukur kepada Allah, terima kasih juga buat kedua orang tua yang selalu membimbing saya,” ujar anak dari pasangan Ediyanto dan Apriliana ini.

Gadis berhijab ini menuturkan, saat mengerjakan soal UNBK, dirinya selalu teliti untuk memiliih jawaban. “Aku cermati soalnya dan nggak buru- buru menentukan jawaban, itu aja sih. Nggak pernah ada terlintas di dalam hati untuk meraih hasil tertinggi se Lampung,” kata dia.

Selain itu, sebagian besar soal dalam UNBK memang sudah dipelajari di sekolah. Sehingga tidak sulit untuk menjawab.

Farah yang bercita-cita menjadi pengarang kitab tafsir Al Quran ini mengaku jika dirinya telah diterima di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melalui jalur prestasi.

 “Saya pilih program studi (prodi) ilmu Al Quran dan tafsir di UIN,” katanya.

Farah menceritakan, sebelum dia pindah dari Sukoharjo Pringsewu dan bersekolah di MAN 1 Bandarlampung. 

Pada usia madrasah ibtidaiyah (MI) dirinya selalu diberikan makan udang dan ikan oleh kedua orangtuanya. Karena berdasarkan penelitian bahwa jika keseringan mengkonsumsi ikan atau udang itu akan mempengaruhi kecerdasan.

"Jadi itu mungkin rezeki yang diberikan mama dan papah saya kak. Jadinya saya bisa menjadi cerdas dan mendapatkan nilai UN tertinggi ini," ungkapnya.

Prestasi lainnya, Farah pernah menjuarai lomba MTQ se Pringsewu yang mewakili domisilinya di Sukoharjo.

"Kemarin saja baru dapat juara MTQ tingkat kabupaten Pringsewu, dan alhamdullih sekarang bisa menjadi terbaik nilai UN," tuturnya. (ira/red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos