Lewat Darmajaya, Francis Ajak Milenial Lampung Kuliah di Luar Negeri

img
Webinar International Office Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Mahasiswa asing asal Kenya, Francis Mukemba Mwau mengajak milenial di Lampung dan Indonesia untuk mengejar beasiswa kuliah ke luar negeri.

Hal ini disampaikannya dalam webinar International Office Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dengan topik Kuliah di Luar Negeri? Bisa! melalui zoom meeting Senin, (29-6-2020).

Francis mengatakan untuk mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri dengan mendaftar melalui beasiswa.

“Kita bisa melihat melalui website untuk mengirimkan persyaratan dalam mendaftar kuliah di luar negeri dengan mendapatkan beasiswa,” ucap dia dalam bahasa Inggrisnya.

Menurutnya, beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk mendaftar beasiswa.

“Biodata diri, berkas akademik, pasport, dan surat rekomendasi. Dengan memperoleh beasiswa juga kita dapat berkembang dan suka dengan kebudayaan di Indonesia. Di Lampung kalian juga berkesempatan kuliah di luar negeri dengan gabung di IIB Darmajaya melalui program internasional,” ungkapnya.

Franc –biasa dia disapa – menerangkan selama di Indonesia dirinya telah banyak mempelajari beberapa bahasa. “Di Indonesia dapat mempelajari bahasa Sunda, Jawa, Lampung dan lainnya,” ujarnya.

Kuliah di IIB Darmajaya, Franc memperoleh beasiswa dalam Program Pascasarjana Manajemen. “Saya mendapatkan beasiswa dari IIB Darmajaya. Untuk bahasa, juga memang sulit awalnya tetapi kita berusaha pasti bisa,” tuturnya.

Sementara, Daffa Iqbal Rahmatullah juga membagikan pengalamannya dapat kuliah di luar negeri dengan kesempatan kuliah di IIB Darmajaya. “Saya tidak pernah menyangka dapat kuliah di luar negeri tapi harus mempunyai mimpi sehingga dapat diwujudkan,” ucapnya.

Mahasiswa Sistem Informasi IIB Darmajaya ini menerangkan untuk kesempatan yang didapatkannya tersebut dengan seleksi.

“Saya ikut seleksi bersama mahasiswa IIB Darmajaya lain. Sebelumnya juga saya tidak begitu lancar dalam berbahasa Inggris tetapi karena usaha gigih dapat berbicara,” ujarnya.

Daffa –biasa dia disapa – menjelaskan banyak manfaat yang diperoleh dari kuliah di luar negeri. “Mempelajari budaya mereka dan bahasanya. Saya dapat banyak belajar dengan mahasiswa asing lainnya ketika di Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok,” bebernya.

Selain itu, pengetahuan yang diperoleh juga semakin bertambah. “Kesempatan kuliah di luar negeri cuma dapat diperoleh di Darmajaya. Jadi buat teman-teman yang ingin kuliah di luar negeri dapat mendaftar menjadi mahasiswa IIB Darmajaya,” pungkas dia.(rls)

Laporan: Agung Chandra W

Editor: Agus Setyawan



Leave a Comment