Kawanan Gajah Liar Berhasil Digiring Masuk Hutan

img
Lahan perkebunan warga Pekon Karangagung yang dirusak kawanan gajah liar.

Harianmomentum--Upaya penghalauan kawanan gajah liar yang memasuki lahan perkebunan warga  di Pekon (Desa) Karangagung, Kecamatan Samaka, Kabupaten Tanggamus, akhirnya membuahkan hasil.

 

Kawanan hewan berbelalai itu, berhasil digiring tim Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Kotaagung Utara, masuk kembali ke kawasan hutan lindung Register 31 Pematangarahan, Jumat sore (11/8).

  

 "Sudah sejak Rabu (8/10) lalu, Polhut berada di lokasi dan bersama masyarakat berupaya menggiring 16 ekor  gajah liar itu kembali ke hutan lindung, tapi baru berhasil pada Jumat sore,” kata petugas KPHL setempat Zulhaidir, Sabtu (13/8).

 

Dia menduga, wilayah Pekon Karangagung memang masuk zona perlintasan (ring road) kawanan gajah liar.

 

“Sudah beberapa kali, kawana gajah masuk ke kawasan perkebunan milik penduduk. Sepertinya ini memang jadi lokasi ring road. Jadi saat gaja-gajah itu kesulitan mendapat sumber makanan di hutan lindung, merka (kawanan gajah) melintas di area perkebunan warga untuk mencari sumber makanan baru,” terangnya.

 

Diketahui, kawanan gajah tersebut selama beberapa hari memasuki kawasan perkebunan yang hanya berjarak puluhan meter dari lokasi pemukiman pendidik Pekon Karangagung. Akibatnya, tanaman perkebunan milik penduduk setempat rusak. (zal)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos