Dinas PUTR Metro pada 2021 akan Perbaiki 10 Ruas Jalan Utama

img
Kantor DPUTR Kota Metro.

MOMENTUM, Metro--Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Metro pada tahun 2021 ini akan memperbaiki sepuluh ruas jalan utama di kota setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPUTR Kota Metro, Dodi mengatakan perbaikan sepuluh ruas jalan tersebut merupakan program utama yang direncanakan tahun lalu.

"Perbaikan jalan sekarang ini dilihat dari skala prioritasnya. Karena musim pandemi, jadi ada pemangkasan anggaran. Makanya diprioritaskan dari usulan masyarakat yang memang kondisi jalannya sudah rusak parah," kata dia kepada Harianmomentum.com, Rabu, 3 Maret 2021.

Dia menjelaskan, saat ini realisasi perbaikan pada sepuluh ruas jalan utama kota tersebut masih dalam tahap lelang di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kota Metro.

"Sepuluh pekerjaan perbaikan dan peningkatan jalan ini masuk dalam lelang cepat sesuai peraturan presiden. InsyaAllah, pertengahan tahun ini sudah dikerjakan," jelasnya.

Sementara, dia menambahkan, dalam mekanisme pengerjaannya nanti. Perbaikan jalan dilakukan dengan lapisan aspal hotmix dan rigid beton.

"Yang enam ruas itu kan lelang ulang, dan empat ruas penambahan usulan baru. Kalau sumber anggaran, semuanya dari DAK," imbuhnya.

Menurut data yang dihimpun dari LPSE Kota Metro, sepuluh ruas jalan yang akan diperbaiki: Rehabilitasi Jalan Hasanudin Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat senilai Rp2 miliar. Rehabilitasi Jalan Proklamasi Kelurahan Mulyosari Kecamatan Metro Barat Rp1 miliar. Rehabilitasi Jalan Walet Kelurahan Purwoasri Kecamatan Metro Barat Rp2,1 miliar. Rehabilitasi Jalan WR Supratman Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara Rp2,3 miliar. Peningkatan Kapasitas Jalan Struktur Seminung Kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur Rp1,5 miliar. Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan ABRI Kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur Rp1 miliar.

Lalu, Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Inspeksi Irigasi Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur Rp1,3 miliar. Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Jend. Soeprapto Kelurahan Margorejo Kecamatan Metro Selatan Rp2,9 miliar. Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Inspeksi/Pinglet Kelurahan Margodadi Kecamatan Metro Selatan Rp1,2 miliar, dan Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Garuda Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Metro Selatan Rp1,8 miliar.(**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: M Furqon.



Leave a Comment