Pemkot Monitor Stok dan Harga Kebutuhan Pokok

img
Pemkot Metro memonitor persediaan dan harga komoditas kebutuhan pokok.

MOMENTUM, Metro--Guna memastikan ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan pokok selama libur natal dan tahun baru, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memonitor distributor dan gudang sembako.

Pertama, Tim dari Pemkot Metro yang dipimpin Asisten II Pemerintah Kota Pemkot, Yeri Ehwan,
mengunjungi pemotongan ayam Tejo di Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat.

Harga ayam potong di agen tersebut dari kandang seharga Rp23.500 perkilogram. Namun, setelah sampai pasar harga ayam potong Rp33 ribu perkilo.

"Kalau di kandang dan masih kotor. Dihitung mulai dari bulu dan itupun belum di sembelih. Nah, yang di pasar itu sudah ayam bersih jadi lebih mahal," ujar Tejo pemilik pemotongan ayam potong, Jumat (17-12-2021).

Selanjutnya, rombongan mendatangi gudang beras Anwar atau CV. Bumi Jaya Sejati di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara. Pemilik gudang Anwar menyebut, untuk harga beras menjelang Nataru cukup stabil. Harga beras premium sekilonya Rp10.500. Stonya cukup hingga Januari 2021.

"Kalau untuk stok kita aman hingga awal tahun, dan harganya masih terbilang stabil. Beras premium sekilonya Rp10.500," ujarnya.

Kemudian, rombongan mendatang agen telur Cik Lina di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur. Untuk harga telur di prediksi saat ini di pasar sekitar Rp25.750 perkilo.

"Kalau telur stok kita aman untuk konsumsi masyarakat Metro. Namun, harganya diprediksi akan turun. Kayaknya beberapa hari ini bakal turunnya, karena kita lihat Jakarta lemah. Harganya untuk hari ini Rp24 Ribu perkilogram di kami," kata dia.

Kemudian, untuk memastikan ketersediaan bawang merah dan putih rombongan tim monitoring mengunjungi UD Bawang Lanang yang berlokasi di depan Pasar Tejoagung, Metro Timur.

Pemilik UD. Bawang Lanang, Adri mengungkapkan, ketersediaan bawang miliknya terbilang aman hingga usai tahun 2021 nanti. Untuk bawang merah di pasar sekilonya Rp21.500 dan bawang putih Rp23.000.

"Harga dan stok di gudang kami aman. Jelas, untuk harga di kami lebih murah Rp 1.000-2.000 dari eceran," singkatnya saat dikunjungi tim monitoring.

Kemudian, untuk ketersediaan daging sapi, tim monitoring memantau di penggemukan sapi Pak Heri yang berlokasi di Kelurahan Margorejo, Metro Selatan.

"Saat ini harga daging sapi masih stabil di kisaran Rp 125.000 perkilo," ujar Kelas Dinas Perdagangan Kota Metro, Leo Hutabarat saat mengunjungi peternakan penggemukan sapi.

Kemudian, Leo menyebut untuk ketersediaan tepung, gula, dan minyak goreng juga masih terbilang aman dan harganya juga masih stabil.

Yeri Ehwan mewakili Walikota Wahdi Siradjuddin mengatakan, kunjungan itu bertujuan memantau harga sekaligus ketersediaan stok sembako menjelang nataru.

"Walaupun ada kenaikan ini disebabkan permintaan yang bertambah. Dari kunjungan ini, kita peroleh harga beras, daging ayam dan daging sapi relatif stabil," kata dia.

Dia menjelaskan, ada kenaikan di beberapa bahan pokok lainnya seperti minyak, tepung, krim kental manis dan beberapa bahan lainnya akan alami kenaikan harga.

"Kita baru dapat informasi dari pusat kalau terjadi kenaikan itu. Seperti yang tadi disampaikan kenaikan akan terjadi tetapi tidak begitu signifikan. Kemudian, dari pihak pemerintah beberapa waktu yang lalu sudah melakukan operasi pasar bersama dengan Bulog," jelasnya.(**)

Laporan: Adipati Opie/Rio.

Editor: M Furqon.


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment