Mudik Lebaran, Tiket KA ke Jawa Hanya Tersisa 30 Persen

img
Pelayanan moda transportasi Kereta Api (KA) di Indonesia. Foto: google

Harianmomentum--Tiket transportasi Kereta Api untuk mudik Lebaran 2017 telah habis hingga 70 persen. Masyarakat melakukan pemesanan tiket sejak jauh-jauh hari.

Senior Manager Humas PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Suprapto, mengatakan, KA dengan pemberangkatan dari Jakarta baik dari Stasiun Senen maupun Stasiun Gambir menuju Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa  Timur telah dipesan masyarakat dan hanya tersisa di kisaran 30 persen.

"Dengan interval waktu 15 Juni 2017 (H-10) sampai dengan 25 Juni 2017 dari pemberangkatan wilayah Jakarta (Senen atau Gambir) menuju Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, tinggal tersisa 30 persen lagi," kata Suprapto dikutip RMOL.co, Senin (27/3).

Ia menjelaskan berdasarkan perkembangan pergerakan laju pemesanan tiket angkutan Lebaran, menurut data per tanggal 27 Maret 2017 hingga pukul 08.30 WIB, disebutkan, untuk tiket dari Jakarta dengan tujuan Jawa Tengah yaitu Yogyakarta atau Semarang maupun ke Jawa Timur yaitu Surabaya atau Kediri, tercatat dari pemberangkatan tanggal 20 Juni (H-5) sampai tanggal 24 Juni (H-1) telah habis terjual.

Sementara untuk 15 Juni (H-10) sampai dengan 19 Juni (H-6) masih tersedia. Lalu, untuk pemberangkatan tanggal 25 Juni (H lebaran 1) posisi yang tadi, sejak dinihari dipesan jam 00.00 WIB, kondisi sudah mencapai 80 persen.

Di sisi lain, untuk relasi Gambir menuju Bandung masih banyak tersedia. Berbeda dengan relasi Gambir menuju Cirebon untuk pemberangkatan tanggal 22 Juni atau H-3 sampai dengan tanggal 24 Juni atau H-1 sudah habis terjual.

Untuk wilayah khusus PT KAI Daop 1 Jakarta,  pihak KAI telah mempersiapkan 52 perjalanan KA reguler dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Total kapasitas tempat duduk untuk KA reguler berjumlah 29.560 tempat duduk. Sedangkan, KA tambahan yang beroperasi dari wilayah Daop 1 Jakarta, berjumlah 15 perjalanan KA dengan total tempat duduk total 17.000.

"Ini baru gelombang pertama. Nanti akan ada gelombang kedua. Pastinya, nanti tunggu pengumuman resmi lagi. Seiring nanti telah selesainya pekerjaan perbaikan kereta di Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan kereta api)," tukasnya. (rel)






Editor: Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos