Zam Zanariah Jadi Fasilitas Kepemimpin di Pesantren Daarul Ikrom

img
Pelatihan kepemimpinan dan keorganisasian di Pesantren Daarul Ikrom Kedondong.

MOMETUM, Kedondong -- Pondok Pesantren Modern Daarul Ikhrom di Kedondong, Kabupaten Pesawaran, memberikan pelatihan kepemimpinan kepada santri dan santriwantinya.

Kegiatan yang digelar Organisasi Pelajar Ponpes Modern Daarul Ikrom (OPPMDI), diikuti 80 santri dan santriwati Daarul Ikrom.

Pelatihan kepempimpinan dan keorganisasian yang berlangsung pada Senin, 22 Agustus 2022, menghadirkan fasilitator tokoh kesehatan, Zam Zanariah.

Menurut Dokter Zam, pemimpin adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

"Pemimpin harus mampu mempengaruhi orang lain supaya dapat melaksanakan apa yang inginkan untuk dapat membawa ke arah yang lebih baik dan lebih maju lagi. Santri/santriwati harus belajar menjadi pemimpin baik untuk memimpin diri sendiri mau pun perkumpulan orang yang berjumlah besar," katanya.

Selain memberikan wawasan, Zam mengaku senang dengan jalinan silaturrahmi yang hangat dan harmonis dari para santri/santriwati. Dia berharap, peserta kegiatan mampu memahami dan mengimplementasikan materi yang disampaikan.

“Harapannya, kegiatan ini menjadi bekal untuk menggali potensi diri menjadi pemimpin hebat yang sebenarnya,” katanya.

Sementara Sekretaris Yayasan Pondok Modren Daarul Ikrom Kedondong, Ahmad Fauzan, menyampaikan apresiasi kepada Zam yang meluangkan waktu menjadi pemateri di tengah kesibukan di rumah sakit.

"Saya meminta Dokter Zam mengisi acara ini karena saya melihat kanjeng (Zam) seorang yang memiliki kemampuan mempimpin berbgai organisasi," kata Fauzan.

Dia menyebutkan ada tujuh organisasi yang dipimpin Zam. Di tengah kesibukan sebagai dokter, dia mampu memberikan sumbangsih terhadap anggota organisasi yang dipimpin. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos