PWI Lampung-SKK Migas Siap Bersinergi

img
Bincang santai PWI Lampung dan SKK Migas.

MOMENTUM, Bandarlampung-- Sinergitas merupakan kunci utama dalam mewujudkan pembangunan di daerah. 

Sehingga semua pihak harus berperan aktif sesuai tugas dan fungsinya. Tidak hanya pemerintah dan swasta, tetapi media massa juga berperan penting mendorong percepatan pembangunan.

Hal itu mengemuka dalam diskusi singkat pengurus PWI Provinsi Lampung dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Perwakilan Sumbagsel, semalam.

Atas dasar itulah, kedua lembaga tersebut bersepakat untuk berjuang membangun Sang Bumi Ruwa Jurai melalui perannya masing- masing. 

PWI melalui anggotanya yang tergabung di sejumlah media massa, siap menginformasikan potensi sumber daya alam (SDA) di Lampung. 

Sedangkan SKK Migas Perwakilan Sumatera bagian Selatan (Sumbagsel) bersedia mengeksplorasi potensi minyak dan gas bumi di Lampung.

Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah menyebut, pihaknya tentu mengapresiasi setiap investor yang datang. Terlebih, jika tujuannya untuk membangun Lampung yang tentunya akan berimbas terhadap perekonomian masyarakat.

"PWI akan mendukung penuh kegiatan eksplorasi yang akan dilakukan SKK Migas di Lampung. Kami berharap bisa bersinergi dan berkolaborasi,” katanya. 

Termasuk menyosialisasikan secara massif tugas dan kewenangan SKK Migas. Sebab, saat ini masyarakat banyak yang belum mengetahui tugas dan fungsi lembaga tersebut.

Tentu, sosialisasi itu juga perlu didukung sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Sehingga, PWI Lampung meminta SKK Migas juga berperan dalam peningkatan kapasitas SDM wartawan. 

Upaya peningkatan SDM bisa melalui Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) atau Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 

“Selama ini SKK Migas banyak berperan dalam peningkatan SDM wartawan di Sumsel, Jambi dan provinsi lainnya. Tentu kami berharap di Lampung juga mendapat hak yang sama,” jelas Wira.

Sebab, Lampung juga merupakan bagian dari Sumbagsel. Meskipun, kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi masih terbatas.

"Kami sadar, di sini operasi hulu minyak dan gas bumi masih terbatas. Tapi setidaknya kami jangan dianaktirikan,” katanya. 

Menanggapi hal itu, Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Andi Arie Pangeran mengatakan, pihaknya akan segera menyusun formulasi untuk mengakomodir usulan dan masukan PWI Lampung. 

"Akan segera kami susun formulasinya, nanti PHE Oses juga bisa ambil peran. Kami memang selalu berprinsip dimana SKK Migas berproduksi, tentu multiplier effectnya akan dirasakan oleh lingkungan sekitarnya," kata Andi Arie, saat berkunjung ke Balai Wartawan H Solfian Achmad, Selasa (23/08/2022) malam. 

Menurut Andi Arie, prinsipnya pihaknya tentu sangat ingin banyak berkontribusi, terutama untuk ring satu. "Ring satu disini tentu jika dia wartawan, ya diorganisasinya seperti PWI," ujarnya. 

Guna memperkuat sinergisitas antara PWI dan SKK Migas, pihaknya akan segera membentuk Forum Jurnalis Migas (FJM) Lampung. 

FJM ini nantinya yang akan menjadi corong informasi bagi masyarakat terkait setiap kegiatan SKK Migas. Mulai dari persiapan ekplorasi, sosialisasi dan lainnya. 

"Ya, nanti FJM ini yang membantu kami dalam ekplorasi dan publikasi. Kami mohon disuport juga, mudah-mudahan kedepan kegiatan eksplorasi di Lampung berjalan lancar," tandasnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos