Lomba Pidato Bahasa Lampung, Azwar: Wajibkan Anak Membaca Sebelum Pelajaran

img
Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi (tengah) membuka Lomba Pidato Bahasa Lampung dan Lomba Bertutur.

MOMENTUM, Sukadana--Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Timur (Lamtin) menggelar Lomba Pidato Bahasa Lampung dan Lomba Bertutur.

Lomba berlangsung di Gedung Pusiban Komplek Pemkab Lamtim di Sukadana, Jumat (2-9-2022). Diikuti pelajar SMP/MTs dan SD/MI perwakilan 24 kecamatan yang ada dai Lamtim.

Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi saat membuka lomba mengatakan membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan, baik bersifat formal maupun non-formal, yang harus dijaga dan ditingkatkan esensinya, melalui berbagai upaya pembinaan dan pengembangan kegemaran membaca.

"Untuk mewujudkan anak memiliki kegemaran membaca, dapat ditumbuhkan di sekolah, dengan mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah, serta gerakan wajib membaca selama 15 menit, sebelum pelajaran dimulai," ujar Azwar Hadi.

Dia melanjutkan, kegiatan gemar pidato bahasa Lampung dan lomba bertutur bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme dan rasa memiliki akan kebudayaan daerah dan nusantara.

"Kita ingin peserta yang notabene siswa-siswi SMP dan SD ini dapat lebih meningkatkan pembelajaran berbahasa lampung guna untuk melestarikan budaya asli daerah lampung," kata Azwar.

Sementara itu Bunda Literasi Lamtim Yus Bariah mengatakan lomba pidato bahasa Lampung dan lomba bertutur merupakan salah satu evaluasi terhadap anak didik, apakah mereka masih gemar membaca di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju.

"Kita juga ingin membangun pendidikan karakter, kecerdasan inovasi serta daya kompetitif anak bangsa dan mengangkat serta menpopulerkan buku-buki cerita rakyat Lampung," kata Yus Bariah.

Plt Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lamtim Sofia Kifli mengatakan peserta Lomba Pidato Bahasa Lampung diikuti pelajar SMP/MTs. Sedang Lomba Bertutur untuk pelajar SD/MI. Pesertanya, masing-masing 24 anak perwakilan kecamatan.

Pemenang lomba pidato bahasa Lampung: Juara pertama diraih oleh Abel Marik B dari SMP Negeri 1 gunung pelindung, juara kedua diraih oleh Aura Syfa Aprilia dari SMP Negeri 2 Batanghari nuban dan Juara ketiga diraih oleh Raisa Anindya Azzahra SMPN 1 Bumi Agung.

Juara harapan 1 Novita Sari dari SMP Negeri 1 Jabung, juara harapan 2 Irma Elvira dari SMP Negeri 1 Wawai karya dan juara harapan ketiga Sriyani dari SMP Negeri 1 Sekampung Udik.

Sedangkan untuk lomba bertutur: Juara 1 diraih M Iqbal S dari SD Negeri 1 dari SD Negeri Braja Fajar Kecamatan Way Jepara, juara 2 Letisya A.P dari SD Muhammadiyah Teluk Dalam Kecamatan Mataram baru dan Juara ketiga Elang Abdiyoga P.R dari SD Negeri Purwosari Kecamatan Marga Sekampung.

Juara harapan 1 Albern Hasian Immanuel Sianturi SD Negeri 1 Sidorejo kecamatan Sekampung Udik, juara harapan 2 Kezia Ayu Lestari SD Negeri 2 Rajabasa lama Kecamatan Labuhan Ratu dan juara harapan 3 Zahra Alfia Roni SD Negeri 1 Batangharjo Kecamatan Batanghari. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos