Voli Putra Pra-POPNAS, Lampung Hempaskan Bengkulu 3-2

img
Pertnadingan voli putra Pra-POPNAS zona II, Lampung vs Bengkulu

MOMENTUM, Bandarlampung--Tim bola voli putra pelajar Provinsi Lampung berhasil memetik kemenangan perdana di ajang Pra- POPNAS (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) zona II, yang berlangsung GOR Sumpah Pemuda, Wayhalim Bandarlampung, Sabtu (15-10-2022).

Bertindak sebagai tuan rumah, anak-anak Lampung harus berjuang susah payah selam lima set, sebelum memastikan kemenangan 3-2 atas tim bola voli putra Bengkulu (25-21, 18-25, 25-14, 23-25, dan 15-12).

Kemenangan atas Bengkulu itu, untuk sementara menempatkan Lampung sebagai pemuncak klasemen cabor bola voli putra.

Lampung hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan satu tiket lolos ke POPNAS tahun 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.

Jalanya pertandingan voli putra, Lampung melawan Bengkulu berlangsung ketat dan menegangkan. Kejar mengejar poin terjadi sejak awal pertandingan set pertama.

Beruntung memasuki poin- poin kritis, tim Lampung yang dimotori Abizar mampu tampil tenang dan merebut set pertama 25-21.

Di set kedua, anak-anak Lampung justru terkesan ragu-ragu. Momentum tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Bengkulu yang mengandalkan spiker jangkung Sahrul Imam.

Kombinas serangan quick smash dan back attack yang dilancarkan Bengkulu membuat anak-anak Lampung kerepotan. Bengkulu pun  berhsil menyudahi perlawanan Lampung di set kedua dengan skor 18-25.

Tak mau dipermalukan tamunya, di set ketiga anak-anak Lampung  kembali bangkit dengan mengubah pola serangan menjadi lebih bervariasi dalam melakukan servis.

Sedangkan Bengkulu justru banyak melakukan kesalahan servis. Setidaknya tercatat, Bengkulu melakukan sebelas kali servis error. Set ketiga akhirnya kembali direbut Lampung dengan skor telak 25-14.

Pertandingan set keempat berlangsung lebih menegangkan dari tiga set sebelumnya. Bengkulu yang sempat unggul 24-18, dipaksa harus berikeringat lebih banyak sebelum memastikan kemenangan di set keempat.

Lampung yang dalam kondisi tertinggal enam poin, melakukan pergantian setter dari Fabio Andre ke Bayu Hidayah. Hasilnya, Lampung mampu mengejar dan menipiskan margin poin menjadi 23-24. Namun, akhirnya Bengkulu berhasil memetik kemenangan set keempat dengan skor 25-23.

Di set kelima yang menjadi penentuan, Lampung yang secara mentalitas lebih kuat karena faktor tuan rumah tampil lebih percaya diri.

Variasi serangan open spike, quick smash dan back attack yang dimotori Friska Abizar, Dany Eka dan Made Diky membuat para pemain Bengkulu tampil tertekan. Hasilnya Lampung pun menutup set kelima dengan skor kemenangan 15-12.

Putri Lampung Kalah

Hasi berbeda didapat tim voli putri Lampung. Anak-anak asuh pelatih Eva Yuliana gagal memetik kemenangan di pertandinga perdana bola voli putri Pra-POPNAS zona II.

Suci Tika Saputri dan kawan-kawan harus mengakui ketangguhan tim voli putri DKI Jakarta dengan skor 1-3 (20-25, 22-25, 25-17,18-25).

Di set pertama, sempat terjadi kejar mengejar poin. Namun, putri-putri Lampung harus mengakui keunggulan DKI Jakarta dengan skor 20-25.

Set kedua, pertandingan masih berjalan ketat. Kejar mengejar poin pun kembali terjadi. Lagi-lagi, anak-anak Lampung harus menyerah dengan skor 22-25.

Anak-anak Lampung mendapatkan momentum kebangkitan di set ketiga. Dimotori Suci Tika Saputri, Syakila Putri dan Citra Azzahra, berhasil menerapkan strategi serangan yang lebih bervariasi. Lampung berhasil menutup set ketiga dengan skor kemenangan 25-17.

Sayang, di set kempat Suci Tika dan kawan-kawan gagal mempertahankan proforma apik yang dipertontonkan di set ketiga. Terlebih, tim DKI Jakarta behasil memanfaatkan keunggulan postur para pemainya. Terutama Chelsa Laurel dan Salza Rizqi Irena.

Dua pemain dengan tinggi lebih dari 180 centimeter itu bak menara kembar yang kokoh menghadang setiap serangan anak-anak Lampung. Alhasil, tim putri DKI Jakarta menutup set keempat dengan kemenangan 25-18.

Tim voli putri Lampung masih berpeluang merebut satu tiket lolos ke POPNAS tahun 2023 di Palembang. Syaratnya, minimal harus mampu merebut dua kemenangan di sisa tiga pertandingan berikutnya.

Cabor voli putri Pra-POPNAS zona II menyiapkan tiga tiket untuk lolos ke POPNAS Palembang.

Tim voli putri Lampung akan melakoni pertandingan kedua melawan Kalimantan Barat pada Minggu 16 Oktober 2022. Selanjutnya, Lampung akan bertemu Bengkulu dan Jawa Barat.

Pra-POPNAS zona II diikuti kontingen lima provinsi: Lampung (tuan rumah), Kalimantan Barat, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Bengkulu.
Selain bola voli, sejumlah cabor yang dipertandingkan di even tersebut: sepak bola, bulutangkis, basket, sepak takraw, tinju, pencak silat dan tenis lapangan.(**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos