Jelang Libur Nataru, Objek Wisata di Pesawaran Wajib Miliki Lifeguard

img
Ilustrasi petugas Lifeguard.

MOMENTUM, Gedongtataan--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran mengingatkan instansi terkait untuk memastikan setiap lokasi wisata pantai memiliki lifeguard atau petugas penyelamat jelang libur natal 2022 dan tahun baru 2023.

Kepala BPBD Pesawaran Sofyan Aghani mengatakan, pada Desember ini cuaca buruk dan gelombang tinggi masih mengkhawatirkan sehingga dapat mengancam para wisatawan yang datang ke tempat wisata. 

"Libur sekolah dan Natal, Tahun Baru (Nataru) seperti saat ini, lokasi wisata kita memang selalu menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan masa liburan, namun kita juga harus waspada karena cuaca buruk dan gelombang tinggi dapat mengancam keselamatan para wisatawan," katanya, Senin (19-12-2022).

Maka dari itu, BPBD telah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk memastikan setiap lokasi wisata memiliki petugas yang memantau keselamatan wisatawan. 

"Dalam rapat persiapan menghadapi libur Nataru, kita telah sampaikan hal tersebut kepada rekan-rekan dari Dinas Pariwisata," ujar dia. 

"Kalau di lokasi wisata, kami tidak memiliki kewenangan untuk menyiapkan petugas, karena biasanya ada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di setiap lokasi, tugas kami ini hanya memberikan informasi terkait kondisi cuaca setiap harinya dari BMKG kepada mereka. Sehingga mereka bisa waspada," kata dia. 

Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran, Ketut Partayasa mengatakan, telah menyebarkan surat imbauan kepada para pengelola tempat wisata, agar menyiapkan sarana dan prasarana untuk meminimalisir hal-hal yang dapat menimpa wisatawan sewaktu-waktu. 

"Sudah kita ingatkan dalam bentuk surat edaran, salah satunya petugas lifeguard yang standby di lokasi, kemudian juga ambulance. Lalu kita juga mengimbau kepada para wisatawan agar lebih berhati-hati dan dapat memantau keluarganya masing-masing," katanya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos