Kejurnas Berkuda, Pordasi Lampung Raih Satu Emas

img
Penampilan atlet berkuda Lampung Sulthan Yazfa Kusdinar di nomor show jumping U-21 individual, Kejurnas Berkuda di Surabaya tahun 2022

MOMENTUM, Surabaya--Atlet berkuda Lampung Sulthan Yazfa Kusdinar berhasi meraih satu medali emas pada Kejuaraan Nasional Equestrian (berkuda) di Surabaya Equestrian Complex, Jawa Timur, 1-18 Desember 2022.

Sulthan keluar sebagai juara pada nomor show jumping U-21 individual. Dia menyisihkan dua atlet tangguh asal Jawa Barat: Arserl Rizki Brayudha dan Nathanael Grabriel S. Menayang yang harus puas dengan medali perak dan perunggu.

Pencapaian Sulthan pada kejurnas itu, menjadi sangat spesial bagi kepengurusan Pordasi (Persatuan Olahraga Berkuda  Seluruh Indonesia) Provinsi Lampung yang belum setahun terbentuk.

“Ya, ini capaian yang bagus bagi kami (Pordasi Lampung) yang baru pertama kali turun di Kejurnas dengan lawan-lawan yang tangguh. Terlebih kejuarnas ini sifatnya wajib sebagai syarat mengikuti Pra PON  tahun 2023,” kata Ketua Pordasi Lampung Hengky Irawan, Senin (19-12-2022).

Dia berharap, kelak Pordasi Lampung bisa terus mencetak  atlet-atlet berkuda berprestasi. “Semoga, kelak perkembangan olahraga berkuda semakin merata. Tidak lagi didominasi atlet dari Pulau Jawa. Tentu ini tugas kita semua menyiapkan program pembinaan atlet lebih baik dan efektif,” harapnya.

Selain di nomor show jumping  U-21, pada kejurnas tersebut, Pordasi Lampung juga menurunkan beberapa atlet  nomor dressage open. Di nomor dressage open, Pordasi Lampung menurunkan Muflika dengan kuda Decana, Rivico Octavia dengan kuda Jeep dan Darwin Labonu dengan kuda Buleria. Ketiga atlet itu berasal dari klub berkuda Octavian Equstrian Center,  Batuputu, Bandarlampung.

Sedenagkan di nomor show jumping U-21, selain Sultan Yazfa Kusdinar dengan kuda Tambora, Pordasi Lampung juga menurunkan Firdus Wiryadinata dengan kuda Wisky. Dua atlet lainnya: Tiang Nugraha dengan kuda Ceron dan Sarnata dengan kuda Aldora. Keduanya berasal dari klub berkuda Mangku Anugrah Stable Waykanan. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos