Dinkes Pesawaran Catat 20 Kasus DBD

img
Ilustrasi

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran mencatat, 20 kasus demam berdarah dengue (DBD) pada awal tahun 2023.

Kepala Sub Koordinator Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2PM) pada Dinkes Pesawaran Abdul Razak mengatakan, 20 kasus DBD itu terjadi pada periode 1 Januari hingga 13 Februari 2023.

"Kasus DBD ini tersebar di sejumlah kecamatan, antara lain: Kecamatan Gedongtataan, Negerikaton, Waylima, Kedondong dan Kecamatan Margapunduh," kata Abdul Razak mewakili Kepala Dinkes Pesawaran Media Apriliana, Selasa (14-2-2023).

Meski demikian, lanjut dia, tidak ada korban jiwa dari total 20 kasus DBD tersebut. "Terbanyak ada di Kecamatan Waylima, lima kasus DBD. Alhamdulillah dari dua puluh kasus tersebut, tidak ada korban jiwa. Semuanya sembuh," ungkapnya.

Dia menambahakan, Dinkes Pesawaran terus melakukan berbagai upaya pencegahan penyakit DBD. "Kita terus melakukan upaya pencegahan dengan melibatkan seluruh Puskesmas dan para kader kesehatan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat pencegahan penularan DBD dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk," terangnya.

Upaya pemberatasan sarang nyamuk itu meliputi kegiatan 3M plus: menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis atau daur ulang. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos