Program Internet BAIK di Bandarlampung, Telkomsel Ajak Ciptakan Konten Positif

img
Telkomsel lanjutkan Program Internet BAIK Series 7. Untuk wilayah Sumatera, digelar di SMP Azzahra Bandarlampung.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Telkomsel kembali melanjutkan program Internet BAIK Series 7. Untuk wilayah Sumatera berlangsung dipusatkan di SMP Azzahra Bandarlampung pada 28 Feruari 2023.

Dalam kegiatan itu, Manager Branch Telkomsel Lampung Andri T Putra mengatakan, peserta Program Internet BAIK Series 7 diajak menciptakan konten yang positif secara efektif.

Program Internet BAIK (Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif), merupakan program untuk menciptakan ekosistem gaya hidup digital generasi muda yang kreatif dan inspiratif untuk berkreasi menciptakan konten positif secara efektif yang lebih sehat dan positif.

Selain itu, kata dia, program Internet BAIK Series 7 juga menjadi salah satu upaya Telkomsel dalam mendukung gerakan nasional SiBerkreasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia untuk meminimalisir penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying, dan online radicalism.

"Telkomsel berkomitmen untuk mengembangkan sebuah ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan," katanya.

Berdasarkan laporan hasil pengukuran indeks literasi digital Indonesia tahun 2022 oleh Kemenkominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), tingkat literasi digital Indonesia berada di 3,54 poin dari skala 1-5, yang berarti "sedang".

Angka itu adalah suatu indikasi bahwa ada potensi peningkatan, khususnya pada beberapa aspek yang pemerintah gariskan, mulai dari digital skills, digital ethics, digital safety, sampai dengan digital culture.

Program Internet BAIK secara khusus Telkomsel hadirkan untuk mendukung tercapainya peningkatan tersebut, mulai dari mikrosistem pelajar, teman sebaya, guru, dan orang tua yang dapat saling menginspirasi dan mempengaruhi secara positif.

Sebagai upaya pembentukan karakter generasi muda yang kreatif dan inspiratif dalam berinternet dan bermedia sosial, Program Internet BAIK Series 7 akan melangsungkan serangkaian kegiatan edukasi berupa seminar, online training, online competition, dan awarding. Seminar Internet BAIK berlangsung di Bandarlampung pada 28 Februari 2023 dengan bahasan seputar digital parenting, digital literacy, dan content creation.

Selanjutnya, peserta seminar akan mengikuti Online Training Internet BAIK dengan metode synchronous & asynchronous learning, project-based learning, dan online assistance terkait fundamental penggunaan internet secara kreatif dan inspiratif.

Adapun berbagai Kelas Online Training Internet BAIK telah disesuaikan dengan kebutuhan tiap segmen peserta, seperti Kelas Creative Educator untuk segmen peserta guru, pengajar, dan tenaga pendidik; Kelas Creative Parent untuk segmen orang tua, wali, dan komunitas; serta Kelas Creative Student untuk segmen siswa setingkat SMP dan SMA.

Para peserta nantinya juga berkesempatan untuk memperebutkan beragam hadiah total senilai Rp22,5 juta melalui Online Competition Internet BAIK. Dalam kompetisi tersebut, para peserta dapat membuat konten video dan film pendek pada Kategori Creative Educator Heroes, Creative Family Heroes, Creative Junior Student Heroes, dan Creative High Student Heroes. Bertepatan dengan hari seminar terakhir di Yogyakarta, Internet BAIK akan mengumumkan pemenang online competition pada sebuah awarding session.

Andri lebih lanjut menjelaskan, Internet BAIK merupakan program CSR tahunan Telkomsel yang telah berlangsung sejak 2016. Program tersebut secara konsisten menggemakan nilai-nilai teladan pemanfaatan internet dan media sosial secara BAIK.

Yaitu, mulai dari Bertanggung jawab yang berarti menggunakan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika yang berlaku. Aman yang berarti terlindungi dari potensi kejahatan ataupun dampak negatif internet dan media sosial.

Kemudian, Inspiratif yang berarti mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal positif bagi pengguna dan sekitarnya, serta Kreatif yang berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif, kondusif, dan bermanfaat.

Sepanjang pelaksanaannya, program ini telah menjangkau hingga 27 kota/kabupaten, 84 sekolah, lebih dari 5.800 orang tua dan guru, lebih dari 6.700 pelajar, dan mencetak lebih dari 1.600 duta Internet BAIK.

"Telkomsel menyadari bahwa tingkat penetrasi internet Indonesia yang semakin tinggi hingga 77,02 persen pada 2022 dan khusus untuk Lampung, penetrasi mencapai 20 persen, perlu diimbangi dengan kekuatan pondasi karakter pengguna digital yang kokoh," katanya.

Melalui Program Internet BAIK, Telkomsel berupaya mewujudkan generasi muda kreatif dan inspiratif yang dapat berkarya dan menciptakan konten positif secara efektif. Kami terus berharap, upaya tersebut dapat mendukung peningkatan indeks literasi digital nasional dan mewujudkan Indonesia yang makin cakap digital serta bertanggung jawab, kata Andri. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment