Reihana Buka Rakerda IAI Lampung

img
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana saat membuka Rakerda IAI

MOMENTUM, Bandarlampung--Mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Rakerda tersebut berlangsung di Hotel Golden Tulip Bandarlampung, Selasa (28-202023).

Reihana menyampaikan, fasilitas kesehatan yang turut berperan di dalam menjamin keamanan, khasiat manfaat mutu produk sediaan farmasi adalah apotek. 

"Apotek merupakan sarana untuk apoteker menjalankan tugas profesi untuk pengelolaan sediaan farmasi dan pelayanan farmasi klinik," kata Reihana saat membacakan sambutan gubernur.

Dia mengatakan, apoteker sebagai tenaga kefarmasian yang memiliki kompetensi dan kewenangan di bidang farmasi apoteker, tentunya diharapkan bisa menjadi teladan di dalam menjalankan pekerjaan kefarmasian dalam upaya mendukung sistem kesehatan nasional.

Karena itu, dia mengingatkan, masalah pembangunan kesehatan saat ini senantiasa bersentuhan dengan informasi teknologi. 

Keberadaan IT ini ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi memiliki peluang yang sangat menjanjikan karena membantu dalam berbagai permasalahan kesehatan. 

Namun di sisi lain jika dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab bisa berbahaya bagi pasien, karena keselamatannya bisa terabaikan.

Sebagai contoh masyarakat bisa membeli obat secara online tanpa adanya arahan dari tenaga medis atau apoteker. Oleh sebab itu, perlunya kesiapan sumber daya manusia. 

“Melalui kesempatan ini saya berharap para apoteker untuk tetap memelihara komitmen yang tinggi dan membangun kerjasama antara tenaga kesehatan. Saya juga meminta para apoteker mampu memberikan pelayanan yang bermutu dan aman dengan berpegang pada kode etik, standar profesi dan praktek serta perundang-undangan yang mengatur praktek apoteker lainnya,” jelasnya. 

Dia berharap kegiatan dapat merumuskan dan menyusun program kerja yang konkret guna kemajuan IAI Lampung ke depan. Selain itu, pembangunan kesehatan diupayakan mengarah pada strategi pemberian layanan kesehatan yang lebih profesional kerja terjangkau dan cepat tanggap. Selain itu, mampu memenuhi hak kesehatan seluruh masyarakat tanpa kecuali sebagai upaya meningkatkan umur harapan hidup dan mempertahankan status kesehatan masyarakat. 

“Dalam konteks inilah pemberdayaan para apoteker sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam pembangunan kesehatan, memegang peran yang sangat penting dan strategis,” terangnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos