Ramadan dan Idulfitri 2023, Telkomsel Kembali Nyatakan Kesiapan Layanan dan Jaringan

img
Media Gathering Telkomsel area Sumatera.

MOMENTUM, Batam--Telkomsel kembali menyatakan kesiapan jaringannya di dalam menghadapi lonjakan trafik mendekati puncak masa Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2023.

Sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar.

Hal ini meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register). 

Untuk kapasitas VLR di tahun ini khusus di wilayah Sumatera ditingkatkan menjadi 82 juta, sedangkan HLR Sumatera sebesar 89,7 juta subscribers. Kapasitas SMS yang disiapkan sudah terpusat (nasional) 25 ribu/detik dengan kapasitas volume trafik 1.23 juta simultaneous call.

Untuk kapasitas layanan data, jaringan Telkomsel telah memiliki lebih dari 34.500 ribu BTS (Base Transceiver Station), baik 2G dan 4G dimana sebanyak lebih dari 50 persen diantaranya merupakan BTS 4G (eNode-B), yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 3.22 Tb (Tera bit per second).

Vice President Area Network Operations Sumatera Wahyudi C Purnama mengatakan ”Telkomsel berharap dapat selalu memberikan kontribusi terbaiknya guna mendukung kelancaran kegiatan komunikasi bagi para pemudik maupun masyarakat luas di momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Kami mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan masyarakat dalam memastikan hadirnya akses konektivitas digital terdepan bagi seluruh pengguna produk Telkomsel. Kami berharap dengan keluasan akses jaringan yang disiapkan Telkomsel dapat memberikan kelancaran komunikasi tanpa batas”.

Khusus untuk momen RAFI tahun ini, dalam upaya menjaga kualitas jaringan, diwilayah Sumatera Telkomsel membangun 45 BTS baru serta menyiagakan 8 unit COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.  

Vice President Consumer Sales Area Sumatera Mulya Budiman menyampaikan “Telkomsel mengidentifikasi sebanyak 156 titik layanan PREMIUM yang didalamnya terdapat 6 Posko Utama dan 30 Posko layanan Digital, Untuk Posko utama meliputi Posko bandara, Jalur Mudik, mall tempat wisata dan pusat keramaian dimana di titik-titik tersebut Telkomsel akan berupaya untuk memaksimalkan layanan yang diberikan, khususnya layanan data. Hal ini tentunya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi seluruh pelanggan pada momen Ramadan dan Idulfitri khususnya bagi pemudik di wilayah Sumatera”.

Tidak hanya itu, untuk memastikan pelanggan mendapatkan akses pelayanan dengan mudah, Telkomsel pun siap dengan layanan siaga dengan menggelar 12 GraPARI di wilayah Sumatera dan Call Center dengan pelayanan 24 jam 7 hari seminggu, serta pelayanan di channel digital baik akun Facebook atau Twitter.

Adapun pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat selama masa puncak RAFI 2023 dilakukan sepanjang 24 jam secara terpusat melalui Telkomsel Network Operation Centre (NOC) di Jakarta yang mampu melakukan fungsi monitoring secara real time sehingga segala permasalahan yang muncul dapat segera diatasi guna menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. 

Telkomsel juga telah melakukan ‘Network Drive Test’ atau uji coba jaringan diwilayah Sumatera  sepanjang 1300 km  mengingat Sumatera merupakan tempat tujuan kedatangan pemudik selama masa lebaran . Drive Test di berbagai jalur mudik utama di Sumatera yang meliputi jalur darat yang merupakan jalur mudik dan berbagai lokasi wisata untuk memastikan pelanggan agar dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di momen Ramadan dan Idulfitri.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos