Jelang Ramadhan, Pedagang Mulai Dirikan Lapak Takjil

img
Sejumlah pedangan mulai mendirikan lapak takjil di kawasan Jalan Satria Deaa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran

MOMENTUM, Gedongtataan--Dua hari lagi umat muslim di seluruh penjuru dunia akan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Meski demikian, nuansa semarak Ramadhan mulai terasa.

Di kawasan Jalan Satria, Desa Begelen, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, sejumlah pedagang mulai mendirikan lapak untuk berjualan takjil (makanan dan minuman untuk berbuka puasa).

Entis salah satu pemilik lapak mengatakan, setiap bulan suci Ramadhan, kawasan Jalan Satria selalu menjadi pasar takjil. 

"Ini sudah dari dulu. Setiap Ramadhan kami selalu berjualan takjil di sini. Bukan cum takjil, ada juga yang jualan sayuran dan ikan segar," kata Entis, Senin (20-3-2023).

Menurut dia, keberdaan pasar dadakan itu sudah menjadi tradisi.

"Awal mulanya saya tidak tau pasti kapan adanya pasar dadakan ini, tapi sejak dulu, masyarakat yang mau cari takjil memang datangnya ke sini. Jadi sudah seperti tradisi," terangnya.

Menurut dia, pembeli takjil yang datang ke pasar dadakan itu bukan hanya dari Desa Bagelen saja, tetapi juga berasal dari desa-desa tetangga lainya, seperti: Desa Sukaraja, Bogorejo, Gedongtataan dan Kebagusan. 

"Lokasi kita ini di dalam gang dekat jalan raya, makanya tidak jarang juga para pengemudi dari arah Bandarlampung menuju Pringsewu ataupun sebaliknya, berhenti sejenak untuk membeli takjil di pasar ini," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Sofyan, pasar dadakan Ramadhan itu merupakan inisiatif  warga dan para pedagang.

"Kita buka pasar dadakan ini sejak awal puasa sampai selesai, dan ini bagian dari tradisi warga memanfaatkan momen bulan puasa untuk meningkatkan perekonomian," katanya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos