Sekprov Buka BSI Gema Ramadan Bersama Baznas Lampung

img
Sekretaris Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto memberikan sambutan pada pembukaan BSI Gema Ramadan bersama Baznas.

MOMENTUM, Bandarlampung-- Gubernur Arinal Djunaidi, diwakili Sekprov Lampung Fahrizal Darminto, membuka BSI Gema Ramadan 1444 H Bersama Baznas Lampung, di halaman Parkir Islamic Center, Rajabasa Bandarlampung, Jumat (31-3-2023).

Gubernur Lampung kata Fahrizal, sangat menyambut baik Gema Ramadan yang dilaksanakan Baznas dengan dukungan BSI, Lampung Post dan sejumlah perusahaan.

Apalagi dengan berbagai perlombaan seperti MTQ, Pidato Milenial, Adzan, mewarnai Kaligrafi dan lain-lain tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam pembinaan keagamaan kepada anak-anak dan generasi muda di bulan Ramadan.

Terkait pelayanan pembayaran zakat, Sekdaprov mengharapkan Baznas hendaknya membuka kran seluas- luasnya sehingga masyarakat mudah untuk menyalurkan zakat.

Fahrizal juga menyinggung soal potensi zakat di Provinsi Lampung cukup besar. Bila melihat data di Baznas, potensi zakat di Lampung sebesar Rp4,5 triliun. Potensi tersebut sangat masuk akal bila melihat PDRB Lampung.

Sekda juga menyampaikan, Gubernur Arinal juga telah mengeluarkan Surat Edaran No: 451-12/1240/02/2023 tentang Pelaksanaan Zakat, Fitrah, Profesi, Maal, Infaq dan Shodaqoh pada tanggal 24 Maret 2023. Dianjurkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara dan pegawai swasta yang beragama Islam agar dapat menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan dengan menunaikan zakat fitrah melalui Baznas. Sedangkan zakat profesi di lingkungan Pemprov Lampung bila terlaksana bisa mencapai Rp2 miliar lebih setiap bulan.

Sekdaprov juga menyampaikan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sangat mendukung pelaksanaan Program Kampung Zakat yang dilaksanakan di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Program ini nantinya akan ada pendampingan dinas terkait sehingga bantuan yang disalurkan di kampung tersebut dapat berkembang dan bergulir.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Lampung H. Iskandar Zulkarnain menyampaikan, bahwa kegiatan BSI Gema Ramadan bersama Baznas telah berlangsung sejak tanggal 23 Maret dan berakhir 18 April mendatang.

Kegiatan yang berlangsung sebulan ini, diisi dengan berbagai kegiatan dan 10 cabang perlombaan. Selain itu, ada pasar UMKM di tenant, lalu ada penukaran uang receh dan berbagai kegiatan lainnya.

"Meski kegiatan ini memakan waktu yang panjang, dengan kegiatan cukup banyak, namun tidak menggunakan dana APBD dan dana Zakat Baznas. Semua ini dapat berjalan karena ada kerjasama yang terbangun dengan berbagai pihak. Pekerjaan yang semula terlihat sangat berat, menjadi ringan karena ada kerjasama," ujar Iskandar juga Pemred Lampung Post ini.

Sementara itu, Dede Irawan Hamzah, Area Manager BSI Lampung menyampaikan, Tahun 2022 BSI tumbuhnya lebih besar dari bank konvensional, baik di kredit maupun produk lainnya.

Ia melihat aemangat untuk mengelorakan ekonomi syariah di Provinsi Lampung sudah terlihat. Dede juga menyampaikan BSI siap menjadi mitra pemerintah.

Hadir dalam pembukaan BSI Gema Ramadhan 1444 H Bersama Baznas Lampung, Kepala BI Wilayah Lampung Budiyono, Kanwil Kemenag Puji Raharjo, Kadis Kominfotik Ganjar Jationo, Karo Kesra Ria Andari, Direktur Komite Daerah Ekonomi Syariah Lampung Ardiansyah. Direktur PT. Masa Kini Mandiri Gaudensius Suhardi dan sejumlah undangan.

Usai melaksanakan Shalat Asar, Sekdaprov Fahrizal, Kepala BI Budiyono dan rombongan meninjau perlombaan penulisan Kaligrafi di Teras Masjid Raya Nurul Ulum dan meninjau tenant yang ada di halaman parkir. (*)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos