Serambi 2023, Bank Indonesia Siapkan Penukaran Uang di Bakauheni

img
Pelayanan penukaran rupiah pecahan kecil di KMP Legundi Bakauheni-Merak.

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung bersama PT ASDP Indonesia Ferry menyelenggarakan Serambi (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri 2023), di Dermaga Kapal Reguler dan KMP Legundi Bakauheni-Merak (pp). Serambi di area Pelabuhan Bakauheni dilaksanakan pada 4 hingga 5 April 2023.

Seperti dikutip dalam keterangan pers yang diterima di Bandarlampung, Selasa (4-4), kegiatan diisi dengan pembukaan layanan loket penukaran uang rupiah pecahan kecil serta Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) kepada masyarakat yang melakukan perjalanan dengan moda laut. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian SERAMBI yang melayani penukaran uang rupiah pecahan kecil kepada masyarakat selama periode Ramadan dan Idulritri 1444 H.

“Hal ini dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi dan peran Bank Indonesia dalam menjaga dan memenuhi kebutuhan uang Rupiah masyarakat dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai. Kegiatan ini SERAMBI di KMP Legundi ini selain bekerjasama dengan ASDP juga bekerjasama dengan 5 perbankan yaitu : BRI, BNI, Mandiri, BSI, dan BPD Lampung,” ujar dia.

Menurut dia, kegiatan itu juga merupakan rangkaian Serambi yang telah dimulai sejak 20 Maret 2023. "Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan 36 Perbankan, yang terdiri dari 180 titik penukaran yang tersebar di wilayah Provinsi Lampung," kata dia.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry, diwakili Manajer Usaha, Windra Soelistiawan menyampaikan terima kasih dan dukungan terhadap program Serambi yang diadakan di area Pelabuhan Bakauheni dan KMP Legundi.

“Kami mendukung prorgram SERAMBI Ramadhan dan senang berkolaboasi dengan Bank Indonesia, untuk memfasilitasi penukaran uang Rupiah pecahan kecil kepada masyarkat terutama yang melakukan perjalanan menggunakan moda laut," ujar dia.

Pada kesempatan yang sama selain kegiatan layanan penukaran uang rupiah juga dilakukan sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah dan mendorong penggunaan QRIS di kalangan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan tema edukasi dan komunikasi “Belanja Bijak”, yang selaras dengan aspek Paham Rupiah melalui perilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, mari #BeriMakna mengenal lebih jauh peran Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas Rupiah, dalam Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri 2023 (SERAMBI).

Untuk mendorong dan mendukung inovasi digitalisasi yang terkait dengan pelaksanaan tugas Bank Indonesia dalam penyelenggaraan Sistem Pembayaran, salah satunya perluasan penggunaan teknologi QRIS sebagai kanal pembayaran, maka Bank Indonesia tidak henti-hentinya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai QRIS dan manfaat dalam penggunaannya.

Kegiatan layanan dan sosialisasi tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan uang rupiah dengan kualitas yang baik, pecahan yang sesuai, dan nominal yang cukup juga sekaligus menambah pemahaman masyarakat terkait alat pembayaran yang sah di Indonesia yakni Rupiah yang harus dikenali, dirawat, dan dijaga serta semakin memperluas pemahaman masyarakat mengenai QRIS.(***)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos