H+1 Lebaran, Pemudik Mulai Menyeberang ke Pulau Jawa 

img
Pemudik yang sedang mengantre untuk masuk ke dalam kapal.

MOMENTUM, Bakauheni--Arus balik mudik mulai berlangsung, pemudik dari Pulau Sumatera menuju Jawa mulai melakukan penyeberangan.

Berdasarkan Data Posko ASDP di hari Lebaran, arus kendaraan dan penumpang mulai ramai mengalir, tercatat 30.668 orang dan 6.039 unit kendaraan telah menyeberang dari Sumatera ke Pulau Jawa.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pada hari H Lebaran terpantau pergerakan penumpang dan kendaraan di lintas Merak - Bakauheni ramai mengalir pada kedua sisi.

"Ada dua tipe pergerakan di hari H Lebaran, mulai dari pemudik dengan tujuan atau jarak tempuh yang dekat untuk bersilaturahmi dengan keluarga, namun ada juga pergerakan menuju tempat wisata," kata Shelvy pada Minggu, (23-4-2023).

Dilaporkan, pada hari lebaran kemarin terjadi peningkatan arus kendaraan dari Bakauheni menuju Merak, yang diperkirakan banyak pengguna jasa yang memilih untuk menyeberang setelah melakukan Ibadah Salat Idulfitri 1444 Hijriah.

Total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga HH tercatat 416.699 orang atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 393.421 orang. 

Kemudian, untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 79.762 unit atau naik 2 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 78.062 unit.

Shelvy menyampaikan, sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), akan dilakukan pengalihan pelayanan pelabuhan sesuai tipe kendaaran. Penyeberangan pada lintas Bakauheni-Merak akan diberlakukan aturan khusus untuk setiap golongan kendaraan. 

Dimulai sejak 24 hingga 30 April 2023, Pelabuhan Bakauheni akan melayani penyeberangan pejalan kaki, kendaraan roda dua, roda empat, bus, dan truk golongan VB.

Sedangkan untuk pelayanan kendaraan truk golongan VI B, VII, VIII, dan IX akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Indah Kiat. 

Kemudian, tambahan layanan kendaraan roda dua juga akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak tanggal 29 sampai 30 April 2023. 

Dia mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar mempersiapkan perjalanan dengan kapal ferry, termasuk layanan arus balik Lebaran dan demi kenyamanan para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo.

"Ingat bahwa sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan. Mohon agar persiapkan perjalanan lebih awal, beli tiket via aplikasi atau agen resmi, dan pastikan wajib sudah memiliki tiket 1 hari sebelum keberangkatan atau sebelum tiba di pelabuhan," tutur Shelvy.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos