Metro Gelar Pelatihan Sertifikasi Makanan Khas Lampung

img
Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Metro menggelar Pelatihan Bersertifikasi “Makanan Khas Lampung” di SMK Negeri 1 Metro.

MOMENTUM, Metro--Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Metro menggelar Pelatihan Bersertifikasi “Makanan Khas Lampung” di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 kota setempat.

Asisten II Setda Kota Metro, Yeri Ehwan mengapresiasi kegiatan itu. Dia menyebut pelatihan kuliner itu sebagai salah satu upaya pelestarian kebudayaan adat Lampung, khususnya di sektor kuliner.

“Saya sangat mengapresiasi pelatihan makanan khas Lampung ini ya. Karena sudah barang tentu, kita sebagai warga Lampung itu mengetahui apa warisan dari nenek moyang kita secara turun menurun. Sebab, potensinya sangat baik. Akan tetapi mungkin banyak juga masyarakat yang belum mengenal makanan khas Lampung yang memang punya kekhasannya sendiri, dan saya rasa itu perlu digali kembali dan dilestarikan,” kata Yeri saat sambutan pembukaan pelatihan kuliner, Senin (8-5-2023).

Soal sertifikasi makanan khas Lampung, menurut Yeri hal itu akan menjadi tolak ukur kelayakan konsumsi bagi masyarakat. Karena dengan adanya sertifikasi makanan, maka dipastikan produk yang dihasilkan telah memenuhi standarisasi konsumtif.

“Setelah makanan khas Lampung itu disertifikasi, maka tentu itu akan menjadi jaminan bahwa produk itu telah siap dikonsumsi. Yang mana itu artinya dari sisi keamanannya, kebersihannya dan kesehatannya itu sudah terjamin,” bebernya.

“Ketika dia memenuhi standar sertifikasi itu, sehingga para calon-calon konsumen tidak ragu lagi untuk mengonsumsi makanan itu. Kalau nggak salah, tadi ada lebih dari 5 macam makanan khas Lampung ya, yang akan dilakukan sertifikasi,” katanya.

Pelatihan memasak makanan khas Lampung itu diikuti 31 peserta. Rata-rata peserta terdiri dari pelaku UMKM, satu diantaranya terdapat seorang chef yang berlisensi dan yang mengikuti latihan memasak itu didominasi oleh kaum ibu rumah tangga alias “emak-emak”.

Sedangkan makanan khas Lampung yang menjadi dominan dimasak peserta adalah sayur Gulai Taboh dan Pisro.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos