Bupati Lamsel Serahkan Bantuan Alsintan

img
Bupati Lamsel Nanang Ermanto menyerahkan bantuan alsintan untuk 25 kelompok tani

MOMENTUM, Kalianda--Pemkab Lampung Selatan (Lamsel) menyalurkan bantuan peralatan dan mesin pertanian (alsintan) berupa traktor mini kepada 25 kelompok tani.Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Nanang Ermanto saat membuka pelatihan tematik trichokompos di Desa Munjuksampurna, Kecamatan Kalianda, Rabu (10-5-2023).

Bupati Nanang Ermanto mengatakan,pelatihan dan bantuan alistan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Lamsel dalam melaskanakan program pembangunan bidang pertanian dengan meningkatkan produksi komiditi pertanian untuk kesejahteraan petani.

"Tujuan dari pembangunan bidang pertanian adalah memperkuat ketahanan pangan masyarakat, sekaligus meningkatkan kesehjahteraan petani. Bantuan dan program pelatihan ini adalah bentuk komitmen Pemkab Lampung Selatan dalam melaksanakan program pembangunan bidang pertanian," kata bupati.

Karena itu, dia meminta, kelompok tani dapat merawat dan memanfaatkan batuan tersebut sesuai peruntukan.

"Saya juga berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, poktan bisa menjadi motor penggerak inovasi para petani dalam membuat pupuk ramah lingkungan untuk meningkatkan produksi pertanian," harapnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Lamsel Bibit Purwanto mengatakan, pelatihan tematik trichokompos itu bertujuan mengurangi tingkat ketergantungan petani terhadap pupuk kimia.

“Pelatihan ini bagian dari upaya peningkatan produksi pertanian melalui pembuatan pupuk alternatif yang ramah lingkungan," kata Bibit.

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara bergilir pada seluruh kecamatan di Kabupaten Lamsel. "Pelatihan ini sudah kita gelar di sembilan kecamatan. Selanjutnya terus kita laksanakan di seluruh kecamatan," terangnya. (**)


Editor: Munizar


Leave a Comment