Jemaah Haji Pesawaran Paling Lambat Berangkat Awal Juni

img
Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji

MOMENTUM, Gedongtataan--Jemaah haji asal Kabupaten Pesawaran diperkirakan akan bertolak ke tanah suci Mekah pada akhir bulai Mei atau paling lambat awal Juni 2023.

"Kloter (kelompok terbang) pertama jemaah haji dari Provinsi Lampung berangkat pada 23 Mei 2023. Untuk Kabupaten Pesawaran diperkirakan berangkat akhir Mei, paling lambat awal Juni, karena lebaran haji jatuh pada 23 Juni," kata Kepala Seksi Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Pesawaran Ahmad Efendi, Senin (15-5-2023).

Dia mengimbau, seluruh jemaah haji senantiasa menjaga kesehatan.

"Íbadah haji ini menuntut kondisi fisik yang prima. Karena itu, harus selalu menjaga kondisi kesehatan. Terlebih, 40 persen jemaah haji tahun ini  berusia lanjut. Sebab itu, tema ibadah haji tahun ini, Haji Ramah Lansia," terangnya.

Sebelumnya dia juga menyampaikan, berdasarkan data Kemenang setempat, tercatat 120 orang jemaah telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023.

Besaran BPIH tahun ini mencapai Rp51,3 juta atau mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp39,8 juta.

"Untuk pelunasan biaya ibadah haji terakhir pada tanggal 19 Mei 2023. Sejauh ini sudah dilakukan tes kesehatan para jemaah bersama dengan Dinas Kesehatan Pesawaran. Selain itu manasik tingkat kabupaten juga telah digelar pada 11-12 Mei lalu," ungkapnya.

Kuota jemaah haji Kabupaten Pesawaran tahun ini mencapai 143 orang. Rincianya: 110 calon jemaah prioritas, dua orang jemaah mutasi dari Kabupaten Lampung Selatan dan 16 orang cadangan. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos