Pemkab Waykanan Tanam Pohon Serentak, Bupati Ajak Kurangi Penggunaan Plastik

img
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menanam pohon terkait peringatan Hari Lingkungan Hidup Seduinia tahun 2023

MOMENTUM, Blambanganumpu--Pemerintah Kabupaten Waykanan melaksanakan program Gerakan Menanam Pohon Serentak untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Waykanan Raden Adipati Surya yang secara simbolis melakukan penanaman pohon di Taman Ramik Ragom Rusunawa, Kecamatan Blambanganumpu, Senin (5-6-2023).

Jenis pohon yang ditanam, antara lain: Mahoni (swietenia macrophylla), Pulai (alstonia scholaris)dan Pohon Jambu Jamaica (syzygium malaccense). 

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan gerakan penanaman pohon tersebut bentuk pengembangan Program Kampung Iklim yang menjadi bagian dari Program Zero Emission. 

"Gerakan menanam pohon serentak ini juga sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Jadi kita tidak hanya mengekploitasi sumber daya alamnya saja, namun ikut menjaga keseimbangan alam," kata bupati. 

Bupati juga menyebut, polusi plastik merupakan ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia. United Nations Environment Programme (organisasi lingkungan hidup di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa) memprediksi pada tahun 2024 akan ada 29 juta ton plastik masuk ke ekosistem perairan.

"Sesuai tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, solution to palstic pollution atau solusi mengatasi polusi plastik, PBB menalui UNEP telah menetapkan resolusi memerangi polusi plastik," terangnya. 

Terkait hal tersebut, bupati mengajak seluruh elemen di Kabupaten Waykanan untuk mengurangi penggunaan kantung plastik.

"Mari bersama kita jaga kelestarian lingkungan dengan menanam pohon dan mengurangi penggunaan kantung plastik," ajaknya.

Kegiatan tersebut juga diikuti para pejabat pemkab dan jajaran organisasi perangkat daerah setempat. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos