Bappeda Pringsewu Rakor Bahas IID

img
Jajaran OPD Kabupaten Pringsewu mengikuti rakor pembahasan IID tahun 2023

MOMENTUM, Pringsewu--Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) Kabupaten Pringsewu menggelar Rapat Koordinasi dan Sosilisasi Inputting Indeks Inovasi Daerah (IID) Tahun 2023.

Agenda tersebut untuk memenuhi pelaporan atas IDD tahun 2023 ke Kementerian Dalam Negeri, melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri pada Aplikasi Inovative Government Award.

"Rakor dan sosialisasi ini juga untuk penjaringan SEWU INOVASI sesuai dengan nama-nama invovasi dalam Keputusan Bupati Pringsewu Nomor: B /620/ KPTS/ B.01/ 2023 Tentang Inovasi Daerah Tahun 2023," kata Sekretaris Bappeda Pringsewu Ivan Kurniawan saat membuka  rakor tersebut di setempat, Selasa (13-6-2023)

Ivan Kurniawan  didampingi Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada Bappeda Pringsewu Fenny Aprilia menambahkan, agenda tersebut diikuti seluruh organisasi perangkat daerah. Termasuk pihak kecamatan dan UPT SMP serta Puskesmas sekabupaten setempat.

"Agenda ini bertujuan agar nilai IDD Kabupaten Pringsewu dapat naik dari 54 menjadi 60-an inovatif,menjadi sangat inovatif," terangnya,.

Selain itu, lanjut dia, agar inovasi OPD lebih bervariasi dari sisi kualitas maupun kuantitasnya."Pada program ini ada 20 indokator penilaian untuk setiap inovasi yang diinput oleh setiap organisasi perangkat daerah," jelasnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu A Fadholi menerangkan, agenda dan program tersebut sifatnya  secara berkelanjutan di bawah pembinaan bidang litbang, bappeda.

"Kegiatan inovasi daerah ini dimaksudkan untuk  mendorong adanya kompetisi positif antar perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga dapat meningkatan kualitas pelayanan masyarakat,"jelasnya. 

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan memotivasi pemerintah daerah, khsusnya Kabupaten Pringsewu kuntuk lebih meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat dan mendorong penerapan good governance.

Dia berharap, Indeks Inovasi Daerah (IID) dan Innovative Government Award (IGA) Kabupaten Pringsewu meningkat  dari tahun sebelumnya. 

"Saya yakin dengan keseriusan seluruh organisasi perangkat daerah, nilai IDD Kabupaten Pringsewu akan semakin baik," ungkapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos