Pringsewu Expo 2023, Dorong Pengembangan UMKM

img
Penjabat Bupati Pringsewu bersama Forkopimda menekan tombol sirene tanda dibukanya "Pringsewu Expo 2023".

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu menggelar Pringsewu Expo 2023 untuk mendorong pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kompleks pemkab setempat, 16-22 Juni 2023.

Kegiatan yang menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Pringsewu, itu dibuka Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Intizam pada Jumat (16/6/2023) malam.

Menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Arinal Djunaidi, Intizam mengharapkan Pringsewu Expo 2023 menjadi cerminan berbagai potensi ekonomi yang dimiliki Kabupaten Pringsewu.

Karena itu, kegiatan ini dinilai penting bagi pelaku usaha, terutama berkaitan dengan sektor perdagangan dan industri yang merupakan salah satu motor penggerak perekonomian. "Pringsewu Expo juga menjadi ajang promosi produk-produk lokal kepada masyarakat luas, serta membuka peluang kerjasama dengan pihak luar," ujarnya.

Dia juga berharap kepada para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif, agar memberdayakan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan bersama," ajaknya

Menurutnya, maju mundurnya perekonomian di daerah tak terlepas dari andil dan semangat para pengusahanya."Oleh karena itu, pelaku usaha jangan pernah berhenti meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan, terutama dalam bidang perdagangan dengan segala aspeknya,"ucap Intizam.

Sementara Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan Pringsewu Expo 2023 mengusung  tema Optimis Bangkit Bersama' didasari keinginan kuat pemerintah daerah dan masyarakat untuk bangkit dan memulihkan perekonomian rakyat pascapandemi.

Pada acara yang juga dimeriahkan hiburan rakyat yang menampilkan artis Masyitoh, kata dia, mengandung makna optimisme untuk bersama-sama bangkit. Sehingga tujuan pembangunan dapat tercapai dengan baik, yang muaranya adalah peningkatan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Menurut Adi Erlansyah, kendati masih banyak UMKM yang belum terangkul dalam kegiatan ini, Pringsewu Expo menjadi catatan agar Pringsewu Expo ke depan melibatkan lebih banyak UMKM.

“Ada 110 UMKM yang akan tampil, ada tenda lain yang juga diisi oleh para pelaku UMKM di luar komplek Pringsewu Ekspo yang dikelola oleh komunitas perdakon,” jelas dia

Adi  juga berharap, media berperan serta untuk menyebarkan melalui tulisan agar masyarakat di kabupaten dan luar kabupaten mau datang dan berkunjung ke pesta rakyat yang akan digelar selama 6 hari ke depan.

Tampak hadir, Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Sekda Pringsewu Heri Iswahyudi beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda beserta sejumlah elemen lainnya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos