Bulan Ini, Tender Perbaikan Jalan dengan APBN Rp800 Miliar Selesai

img
Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I, Nyoman Suaryana

MOMENTUM, Bandarlampung--Perbaikan jalan prioritas di Provinsi Lampung yang menggunakan APBN sebesar Rp800 miliar bakal segera terlaksana.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Nyoman Suaryana mengatakan, saat ini ruas jalan yang bakal diperbaiki dengan APBN sedang dalam proses pengadaan.

"Penganggaran sudah beres. Sekarang lagi proses pengadaan. Mungkin sekitar seminggu dua minggu sudah selesai," kata Nyoman di Hotel Novotel, Kamis (13-7-2023).

Dia memastikan, perbaikan ruas jalan yang menggunakan APBN Rp800 miliar tersebut bisa dimulai pada bulan Juli 2023.

Terlebih, dia menyebutkan, proses pengadaan menggunakan sistem e-Purchasing. Sehingga bisa lebih cepat selesai.

"Kita pakai e-purchasing, biar cepat, bisa seminggu atau dua minggu. Kalau lelang biasa itu lebih lama prosesnya, bisa sampai 45 hari," jelasnya.

Diketahui, Pemerintah pusat menggelontarkan anggaran Rp800 miliar dari APBN untuk perbaikan jalan daerah di Provinsi Lampung.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk menangani 15 ruas jalan daerah. Termasuk ruas Simpangrandu - Seputihsurabaya di Lampung Tengah.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat meninjau ruas jalan Simpangrandu - Seputihsurabaya di Lampung Tengah, Jumat (5-5-2023).

"Tahun ini, pemerintah pusat akan mengucurkan khusus Lampung kurang lebih Rp800 miliar untuk 15 ruas jalan. Termasuk ini (Rumbia)," kata Jokowi.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk perbaikan 15 ruas jalan yang tersebar di kabupaten/kota. Rinciannya: Simpang Korpri - Purwotani, Wates - Batas Tanggamus, Perbatasan Kluwih - Jatiringin - Sidoharjo - Umbar.

Kemudian, Tanjungrusia Timur - Selapan, Bangun Negara - Cukuh Senuman, Keramat Teluk - Sri Widodo, Pagar Dewa - Lumbok, Negeribaru - Simpang Tiga dan Dayasakti - Makarti.

Selanjutnya, Simpang Segitiga Emas - Muara Tenang - Margojadi, Ekamulya - Wonosari - KTM, Bogolama - Pasar Balang, Labuhan Maringgai - Margasari, Simpang Randu - Seputihsurabaya dan Kotagajah - Simpang Randu. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos