UIN RIL Siap Sukseskan PKM III Jambi

img
Mahasiswa UIN RIL yang akan mengikuti PKM III di Jambi.

MOMENTUM, Bandarlampung--UIN Raden Intan Lampung (RIL) siap sukseskan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam (PTI) se-Asia Tenggara di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 24-30 Juli 2023.

PKM III mengusung tema “Kembangkan Talenta Mahasiswa, Junjung Sportivitas, Raih Prestasi dan Rekognisi”. 

Wakil Rektor II, Dr Safari Daud MSosI mewakili Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa UIN RIL siap mendukung dan menyukseskan kegiatan PKM 2023. 

“PKM ini selain menjadi wadah untuk silaturahmi antar perguruan tinggi, juga melatih mahasiswa supaya sportif meraih prestasi hingga mendapatkan rekognisi tidak hanya di kampus se- Sumatera, namun se-Asia Tenggara,” ujarnya, di Ruang Teater Lt.2, Senin (17-7).

Hal itu diungkapkan pada saat pelepasan kontingen UIN RIL yang berjumlah 86 peserta.  Kontingen ini siap berlaga dalam serangkaian perlombaan (kompetisi/ kejuaraan) di bidang ilmiah, olahraga, dan seni. 

Ketua Kontingen sekaligus Kepala Biro AAKK/Plt AUPK, Dr Abdul Rahman MPd menaruh harapan besar kepada para mahasiswa UIN RIL agar mampu meniti prestasi kejuaraan dengan memberikan performance terbaiknya.

Cabang lomba yang diikuti diantaranya, bidang ilmiah: debat bahasa Inggris, debat konstitusi,  Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), inovasi media pembelajaran, dan business plan. Bidang olahraga: bola voli, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, catur cepat-klasik, pencak silat, karate, taekwondo, dan panjat dinding lead-speed.

Sedangkan pada bidang seni yaitu Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), dai-daiyah / pildama, monolog,  film pendek, kaligrafi, stand up comedy, story telling, dan pop solo Islami.

Dari 36 cabang yang dilombakan, kontingen UIN RIL mengirim 24 nomor lomba. Sepuluh dari perlombaan tersebut, kontingen UIN RIL berhasil menjadi finalis cabang lomba yang telah dilaksanakan secara hybrid pada 18-22 Mei 2023 lalu.

PKM merupakan ajang penyelenggaraan dua tahun sekali kompetisi ilmiah, olahraga, dan seni bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah naungan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI serta mahasiswa antar negara melayu serumpun. 

Pelepasan PKM III dihadiri oleh para Wakil Dekan, Plt Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Kasubag Kemahasiswaan, serta para official lomba. Selain pelepasan, di dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian penghargaan kepada mahasiswa yang menjuarai ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) II 2023.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos