Seleksi Tilawatil Quran Tulangbawang Diikuti 120 Peserta

img
STQ VIII Tahun 2023 Kabupaten Tulangbawang diikuti 120 peserta dari 15 kecamatan se-kabupaten setempat.

MOMENTUM, Menggala -- Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VIII Tahun 2023 Kabupaten Tulangbawang diikut 120 peserta dari 15 kecamatan se-Tulangbawang.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama Tulangbawang, itu dibuka Kepala Kesbangpol Tulangbawang, Saut Sinurat, mewakili Penjabat Bupati Qudrotul Ikhwan, Rabu (19-07-2023).

Ketua I Pengurus LPTQ Kabupaten Tulangbawang, A. Jalaluddin mengatakan dalam STQ ini ada 10 cabang yang dilombakan untuk putra-putri dewasa, remaja dan anak-anak. Antara lain, tartil Quran, tilawah Quran, Tahfidz Quran, Fahmil Quran, dan khotmil Quran.  

Sementara dewan hakimnya, 13 orang dari kabupaten dan 10 dari Provinsi Lampung. "Kita gunakan Dewan Hakim Provinsi Lampung untuk menjaga standarisasi mutu STQ agar hasilnya bisa berlaga di MTQ Ke-50 Tingkat Propinsi Lampung," katanya.

Menurut Jalaluddin yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulangbawang,  pada 2021 Tulangbawang berada di peringkat delapan, pada 2022 naik ke posisi tujuh. Dua tahun sebelumnya di luar sepuluh besar.

"Semua itu dapat diraih berkat kekompakan dan kesungguhan kita semua, Pemda Kabupaten Tulangbawang, Kemenag, para pelatih, official dan tentunya para peserta yang tergabung dalam kafilah," katanya.

"Kita tidak boleh mudah puas pada prestasi yang kita capai pada tahun kemarin, upaya pelatihan dan pembinaan senantiasa kita lakukan secara terus menerus kepada kafilah Tulangbawang. Dan kegiatan STQ Ke-8 hari ini adalah upaya untuk mempertahankan yang pernah diraih dan bersyukur jika mampu lebih baik lagi," katanya.

Dia mengatakan, tantangan ke depan lebih berat dengan adanya peraturan harus putra daerah yang menjadi peserta MTQ Ke-50 Propinsi Lampung pada 2023. Ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk memajukan Kabupaten Tulangbawang.

Sementara Saut Sinurat mengatakan pemerintah daerah mengapresiasi pelaksanaan STQ. Diharapkan bisa mendapatkan bibit-bibit unggul yang dapat meraih prestasi pada MTQ Provinsi Lampung mendatang.

Banyak pondok pesantren yang tersebar di Kabupaten Tulangbawang membuatnya optimistis memperoleh peserta berkualitas. Untuk itu, dia berharap dewan hakim dapat memberikan penilaian secara objektif dan adil.

"Kepada seluruh peserta, saya berharap dapat menunjukkan kemampuan terbaik, kesempatan untuk mengharumkan nama Kabupaten Tulangbawang di MTQ Tingkat Provinsi Lampung sangat terbuka bagi peserta yang memang memiliki kemampuan terbaik," ujar Saut Sinurat. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos