Puji Raharjo, Penulis Desertasi Terbaik UIN Raden Intan Lampung

img
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Lampung Puji Raharjo, saat menerima penghargaan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung Puji Raharjo meraih penghargaan sebagai penulis desertasi terbaik di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL).

Hal ini disampaikan Anggota Senat UIN RIL Alamsyah, pada Wisuda III Tahun 2023 Program Sarjana Magister dan Doktor UIN RIL, Kamis (27-7-2023).
 
"Disertasi yang berjudul Strategi Implementasi ISO 14001: 2015 di Universitas Islam Negeri (UIN)  Raden Intan Lampung, ini merupakan respon saya pada isu lingkungan yang telah menjadi isu global," kata Puji.

Menurutnya, meski dampak kerusakan lingkungan terhadap kehidupan manusia sudah dirasakan secara luas, kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan masih rendah.

Kakanwil Kemenag Lampung itu menekankan bahwa Al Quran telah banyak memberikan petunjuk tentang kewajiban manusia untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, termasuk dalam Surat Ar-Rum Ayat 41 yang mengingatkan dampak yang akan dirasakan manusia jika tidak menjaga lingkungan.

"Berhubungan dengan disertasi, saya rasa UIN Raden Intan telah menjawab tantangan dengan merumuskan visi berwawasan lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut adalah dengan mengimplementasikan ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan," ujarnya menjelaskan.

Disertasi Puji Raharjo telah diuji pada 7 Juni 2023 dengan tim penguji: Prof. Dr. Hj Riri Fitri Sari, MM. M.Sc. (Guru Besar UI/Chairperson UI Greenmetric World University Rankings), Prof. Dr. Hj Siti Patimah MPd, Prof. Dr. H Agus Pahrudin M.Pd, Dr. Koderi M.Pd, dan Prof. Dr. Ruslan Abdul Ghofur M.Si. Sidang dipimpin oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Wan Jamaludin.

Kebaruan (novelty) dari penelitian Puji adalah integrasi isu keberlanjutan dalam ISO 14001:2015 dalam konteks manajemen pendidikan Islam, pada organisasi pendidikan dan pengayaan konteks University Social Responsibility. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos